Inovasi Layanan Terbaru Telah Tersedia di Taman Gajah Mada


 

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember secara resmi meluncurkan inovasi pelayanan publik terbaru yang berlokasi di Jember Public Park (Jl. Gajah Mada) atau Taman Gajah Mada.

Layanan tersebut resmi dibuka sejak Hari Ini, Kamis, 16 Juli 2020 dan langsung mendapatkan respon yang cukup positif dari masyarakat di sekitar kecamatan Kaliwates.

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., menjelaskan bahwa saat ini ruang pelayanan Adminduk yang berada di Jember Public Park tersebut sementara hanya melayani perekaman KTP-el saja.

“Layanan di Taman Gajah Mada ini kami buka untuk seterusnya, dan sementara ini kami hanya melayani perekaman KTP-el selama pandemi virus Corona, nanti apabila semua sudah normal kembali, kami usahakan seluruh Adminduk dapat dibuat disini,” terangnya, Kamis (16/07/2020) siang.

Dirinya juga menjelaskan jika masyarakat telah selesai melakukan perekaman KTP-el bisa langsung pulang dengan meninggalkan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi karena KTP-el akan diantar melalui layanan pendopo ekspres.

“Jika telah selesai perekaman KTP-el, masyarakat bisa langsung pulang, nantinya KTP-el akan kami antar langsung sampai ke rumah yang bersangkutan sesuai dengan alamat yang tertera pada Kartu Keluarga melalui petugas Pendopo Ekspres, jadi masyarakat tidak perlu mondar mandir,” tutur Santi.

Santi menegaskan bahwa layanan perekaman KTP-el yang berada di Jember Public Park tersebut selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi Covid-19 ini.

“Dimulai dari cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak saling bersentuhan atau berdesakan saat mengantri. Bahkan kami juga menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan oleh masyarakat setiap sebelum dan sesudah pengajuan,” jabarnya.

Santi menambahkan “Kami akan terus mengembangkan pelayanan Adminduk yang berada di Taman Gajah Mada ini agar kedepannya bisa terus melayani kebutuhan Adminduk masyarakat, jika perlu nanti di setiap kecamatan bisa ada layanan semacam ini,” pungkasnya. (*Amb)