Dispendukcalil Jember — Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember terus melakukan inovasi pelayanan dengan meluncurkan program terbaru di Kantor Kecamatan Kencong pada Selasa, (08/06/2021) kemarin.
Program baru tersebut diberi nama WAYAN ADUS KETAN yang merupakan akronim atau kependekan dari “Wis Wayahe Pelayanan Adminduk Tuntas di Kecamatan”.
“Program Wayan Adus Ketan ini diluncurkan dengan tujuan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang mengurus adminduk, dimana adminduk bisa dicetak dan selesai ditingkat kecamatan, sehingga masyarakat tidak perlu bergerombol dan antri di kantor Dispendukcapil,” ujar Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., saat ditemui di kantornya, Rabu (09/06/2021) pagi.
Pada tahap perdana layanan Wayan Adus Ketan ini belum bisa ditempatkan di seluruh kecamatan, melainkan akan dibagi menjadi 7 zona tempat percetakan adminduk, yakni titik pertama di Kecamatan Jenggawah yang mencakup Kecamatan Jenggawah, Ajung, dan Tempurejo.
Sedangkan untuk titik kedua ditempatkan di Kecamatan Jelbuk yang meliputi pelayanan Kecamatan Jelbuk, Arjasa, dan Sukowono. Kemudian di Kecamatan Tanggul meliputi layanan kecamatan Tanggul, Sumberbaru, Bangsalsari dan Semboro.
Selanjutnya di Kecamatan Mayang meliputi pelayanan untuk Kecamatan Mayang sendiri, Kecamatan Pakusari, Silo dan Mumbulsari. Kemudian Kecamatan Wuluhan meliputi Kecamatan Wuluhan, Balung, dan Ambulu, dan terakhir ditempatkan di Kecamatan Kalisat meliputi pelayanan Kecamatan Kalisat, Ledokombo dan Sumberjambe.
“Sementara Ada 7 titik tempat percetakan adminduk yang di koordinir oleh 1 kecamatan di masing-masing titik, nanti kami akan menempatkan petugas di masing-masing titik tersebut,” terang Santi. (*Amb)