Simak Yuk… ! Alur-Tata Cara Pengurusan Adminduk Melalui Mesin ADM


 

Dispendukcapil Jember — Pelayanan Admindukcapil menggunakan mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) yang terletak di Transmart Jember tidak dipungut biaya (Gratis).

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si.

“Semua layanan di ADM ini gratis tidak dipungut biaya, masyarakat dapat memanfaatkannya secara mandiri, dan ada petugas yang akan memandu dan memberikan PIN nantinya,” jelas Santi, Senin (07/06/2021) pagi.

Berikut ini merupakan alur dan tata cara pengurusan Adminduk melalui mesin ADM di Transmart Jember :

  1. Pemohon datang membawa persyaratan Adminduk lengkap. (Untuk pemohon KTP-el baru, wajib melakukan perekaman terlebih dahulu di Kantor Kecamatan/Kantor Dispendukcapil Jember).
  2. Mengikuti prosedur antrian (Jika ada).
  3. Menyampaikan kepada petugas hendak mengurus Adminduk jenis apa.
  4. Menyerahkan persyaratan yang diperlukan untuk proses pencetakan sekaligus menyampaikan email & nomor hp yang masih aktif.
  5. Petugas akan melakukan verifikasi data & identitas.
  6. Pemohon akan mendapatkan PIN melalui email yang akan digunakan untuk proses login & cetak Adminduk.
  7. Pemohon menuju mesin ADM dan mengikuti seluruh panduan yang diinstruksikan (Menginput NIK dan PIN).
  8. Tunggu beberapa saat, Adminduk akan segera tercetak dan bisa langsung dibawa pulang.

Catatan: Sangat dianjurkan untuk mencetak Adminduk melalui ADM ini secara mandiri, tidak melalui pihak lain maupun calo yang menawarkan diri, dan yang pasti GRATIS. (*Amb)