Dispendukcapil Jember — Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan langkah-langkah pengurusan Adminduk ketika diajukan melalui layanan WhatsApp. Berikut ini merupakan penjelasan secara rinci tata cara pengurusan dan pengambilan Kartu Keluarga melalui WhatsApp.
Layanan Kartu Keluarga melalui WA : 081131181184
Untuk permohonan KK, pemohon wajib mempersiapkan hasil scan/foto dari dokumen berikut ini :
A. Permohonan KK Baru
- Formulir F-101
- KK Lama / KK orang tua pemohon yg menikah
- KTP-el/Suket Asli
- Buku Nikah Orang Tua
- Buku Nikah Pemohon
- Surat Pindah dari kecamatan (Opsional)
- Surat Keterangan Kelahiran (Jika menambahkan anggota keluarga baru)
B. Permohonan KK Hilang/Rusak (Revisi)
- KK Lama
- KTP-el/Suket Asli
- Buku Nikah
- Dokumen pendukung (Tergantung jenis revisi, misal revisi nama disesuaikan menggunakan ijazah/buku nikah)
- Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian untuk KK yang hilang
NB: Dokumen tersebut harus dibawa saat pemohon melakukan pengambilan di kantor Dispendukcapil Jember.
Untuk langkah-langkah pengurusannya adalah sebagai berikut :
- Pemohon mengawali Chat WA di nomor 081131181184 menggunakan bahasa yang baik dan sopan
- Admin akan membalas pesan satu persatu dari bawah, harap tidak melakukan chat berulang
- Setelah admin menjawab, pemohon menyampaikan keperluannya (Mengurus KK Baru/Revisi)
- Pemohon menyampaikan keperluannya & mengirim seluruh hasil scan/foto persyaratan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
- Setelah diterima oleh admin, pemohon diberikan waktu sekitar 3-5 hari saat KK akan diproses
- Admin akan menghubungi pemohon setelah KK nya jadi lalu akan diberikan arahan untuk pengambilan.
Berikut ini merupakan hal-hal yang harus di patuhi sebelum mengambil Adminduk :
- Wajib Menggunakan Masker
- Menjaga jarak (minimal 1 meter) saat mengantri di loket pengambilan (Letaknya berada di sebelah barat halaman Dispendukcapil Jember)
- Cuci Tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan
- Menggunakan Hand Sanitizer yang telah disediakan sebelum dan setelah melakukan kontak dengan petugas Loket
Perlu diketahui: apabila pemohon tidak mematuhi aturan-aturan tersebut maka Adminduk akan ditangguhkan terlebih dahulu, dan dapat diambil setelah pemohon memenuhi aturan tersebut.
Berikut merupakan alur pengambilan Adminduk setelah pemohon memenuhi seluruh kriteria di atas :
- Pastikan pemohon sudah melakukan chat pengajuan melalui WhatsApp dan mendapatkan balasan kapan Adminduk akan diambil
- Pemohon membawa dan menunjukkan histori chat WhatsApp kepada petugas
- Pemohon wajib membawa seluruh berkas persyaratan untuk diserahkan kepada petugas
- Pemohon datang ke Dispendukcapil Jember dan memberikan seluruh berkas persyaratan beserta tanda bukti pengambilan (histori chat WA) kepada petugas di loket pengambilan
- Proses petugas akan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit
- Petugas Akan menyerahkan adminduk yang sudah jadi kepada pemohon untuk selanjutnya bisa dibawa pulang. (*Amb)