Cara Ambil Adminduk, Pengajuan Melalui WhatsApp atau SIP


 

Dispendukcapil Jember — Berikut ini merupakan hal-hal yang harus di patuhi sebelum mengambil Administrasi Kependudukan yang sudah diajukan melalui layanan WhatsApp atau Aplikasi SIP Online :

  1. Wajib Menggunakan Masker.
  2. Menjaga jarak (minimal 1 meter) saat mengantri di loket pengambilan (Letaknya berada di sebelah barat halaman Dispendukcapil Jember).
  3. Cuci Tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan.
  4. Menggunakan Hand Sanitizer sebelum dan setelah melakukan kontak dengan petugas Loket.

Perlu diketahui apabila pemohon tidak mematuhi aturan-aturan tersebut maka Adminduk akan ditangguhkan terlebih dahulu, dan dapat diambil setelah pemohon memenuhi aturan tersebut.

Berikut merupakan alur pengambilan Adminduk setelah pemohon memenuhi seluruh kriteria di atas :

  1. Pastikan pemohon sudah melakukan chat pengajuan melalui WhatsApp atau Aplikasi SIP dan mendapatkan balasan kapan Adminduk akan diambil.
  2. Pemohon membawa riwayat percakapan WhatsApp jika pengajuan melalui WhatsApp dan pemohon membawa tanda bukti pengajuan aplikasi SIP jika mengajukan melalui SIP Online.
  3. Pemohon wajib membawa seluruh berkas persyaratan untuk diserahkan kepada petugas.
  4. Pemohon datang ke Dispendukcapil Jember dan memberikan seluruh berkas persyaratan beserta tanda bukti pengambilan kepada petugas di loket pengambilan.
  5. Proses petugas akan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.
  6. Petugas Akan menyerahkan adminduk yang sudah jadi kepada pemohon untuk selanjutnya bisa dibawa pulang.

Mari kita sama-sama mendukung program pemerintah dengan menaati seluruh ketentuan yang ditetapkan serta selalu menerapkan Physical Distancing agar bersama-sama kita bisa memutus rantai penularan Covid-19 ini dengan lebih cepat. (*Amb)