Gelar Layanan OTS Pada Gerak Jalan WATAM, Iman: Layanan Ini Sangat Bagus


 

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember turut hadir dalam kegiatan Gerak Jalan Watu Ulo – Ambulu (Watam), Sabtu (07/12/2019).

Dengan mendirikan Stand di Alun-alun Ambulu, Dispendukcapil membuka layanan On The Spot berupa pengajuan cetak KTP-el, KK, Akta Kelahiran dan Sosialisasi/Edukasi Admindukcapil kepada masyarakat.

Adminduk yang telah diajukan nantinya akan ditargetkan selesai pada hari Kamis pekan depan dan dapat langsung diambil di kantor kecamatan Ambulu.

Iman warga masyarakat desa Andongsari, Ambulu mengungkapkan jika layanan semacam ini tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Ini sangat bagus, layanan ini memang dibutuhkan oleh masyarakat. Saya hanya sekedar bertanya-tanya saja ke petutas, ada juga masyarakat lain yang mengajukan Adminduk dan dilayani dengan sangat baik,” ujar Iman.

“Kami berharap, Dispendukcapil Jember mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, selain itu saya juga mengapresiasi layanan On The Spot ini, sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat yang membutuhkan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., mengatakan layanan OTS ini diberikan dengan tujuan menekan kebutuhan Adminduk terutama bagi masyatakat sekitar kecamatan Ambulu dengan target peserta Gerak Jalan Watam maupun warga lainnya.

“Seperti biasa, tujuan kami adalah menekan kebutuhan Adminduk bagi masyarakat yang belum memiliki. Selain itu adalah untuk memberikan sosialisasi Adminduk kepada masyarakat, baik yang hanya sekedar bertanya maupun yang mengajukan dengan melampirkan persyaratan lengkap,” jelas Santi saat diwawancara.

Pantauan dilokasi stand yang didirikan oleh Dispendukcapil Jember pada kegiatan Watam ini dibuka mulai pukul 15.30 hingga kegiatan selesai bahkan saat hujan mengguyur.

Santi menjelaskan jika pihaknya dituntut untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati, seperti apapun kondisi di lapangan.

“Kami ini pelayan masyarakat, jadi kami harus siap melayani apapun yang terjadi pada saat kami melayani, karena prinsip kami adalah kebutuhan dan hak-hak masyarakat bisa terpenuhi, dalam hal ini adalah Adminduk,” paparnya.

“Yang pasti, kami akan terus bersinergi dengan instansi dan opd lain dalam pelayanan ini, terutama pada saat ada event-event yang mendatangkan keramaian masyarakat seperti Watam ini,” pungkasnya. (*Amb)