Disdukcapil Jember Prioritaskan Pelayanan bagi Warga Lansia

Disdukcapil Jember – Suasana Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember tampak ramai pada Senin pagi, 14 April 2025.

Tampak warga dari berbagai wilayah datang untuk mengurus kebutuhan administrasi kependudukan, seperti perekaman KTP-el, pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan dokumen lainnya.

Meski ramai, Disdukcapil Jember tetap memberikan perhatian khusus bagi warga lanjut usia (lansia) dengan menyediakan layanan prioritas.

Kepala Dinas Dukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, menegaskan bahwa pihaknya memang mengutamakan pelayanan bagi lansia.

“Benar, kami utamakan layanan bagi lansia yang mengurus dokumen kependudukannya di Kantor Disdukcapil Jember. Hal ini supaya mereka tidak lama menunggu,” jelas Isnaini saat mematau layanan.

Salah satu warga lansia yang mendapat layanan ini adalah Tarbiyah, wanita berusia 73 tahun yang datang didampingi cucunya, Kholifah.

Tarbiyah diketahui belum memiliki dokumen kependudukan, baik KK maupun KTP, sehingga Kholifah membantunya mengurus dokumen-dokumen tersebut untuk keperluan pendaftaran ibadah umroh.

“Dokumen ini diperlukan untuk mendaftar umroh. Nenek belum punya identitas kependudukan, jadi saya bantu mengurus semuanya,” ujar Kholifah.

Di kantor Disdukcapil, Tarbiyah langsung mendapatkan dokumen Kartu Keluarga dan melakukan perekaman KTP-el di hari yang sama.

Layanan serupa juga dirasakan Misjeti, wanita lansia berusia 82 tahun yang belum pernah memiliki KTP-el.

Ia datang bersama menantunya, Akhmad Junaedi, yang mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan prioritas ini.

“Bantu sekali, kami tidak perlu antri panjang karena ibu juga sudah lansia dan tidak bisa terlalu lama menunggu,” ungkapnya.

Program layanan prioritas ini menjadi bukti nyata komitmen Disdukcapil Jember dalam memberikan pelayanan yang inklusif dan ramah terhadap warga lanjut usia. (*nuv)