Aplikasi Lahbako Di Kecamatan, Inovasi Layanan Warga Yang Efektif


 

Dispendukcapil Jember — Jaringan aplikasi Lahbako yang telah terpasang di seluruh kantor kecamatan se-kabupaten Jember dinilai cukup efektif guna membantu melayani seluruh kebutuhan Adminduk masyarakat kabupaten Jember.

Kepala Bidang Inovasi Pelayanan, Ita Setyawati menjelaskan bahwa jaringan aplikasi tersebut merupakan salah satu terobosan serta perkembangan layanan dari Dispendukcapil Jember.

“Belum ada Kabupaten atau Kota lain yang memiliki terobosan seperti ini, Jember adalah Kabupaten pertama yang memiliki jaringan aplikasi di tiap-tiap kecamatan untuk kemudahan dan efisiensi,” tuturnya, Jum’at (18/09/2020) pagi.

Jaringan aplikasi Lahbako sendiri mula nya hanya digunakan sebagai layanan alternatif saat Pandemi masih berlangsung, namun jika melihat dari tingkat ke-efektifan dan percepatan layanan, Ita berpendapat bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan seterusnya.

“Di Dispendukcapil Jember kita punya Aplikasi SIP dan di tiap-tiap kecamatan ada aplikasi Lahbako yang membantu percepatan pembuatan Adminduk, selain masyarakat yang tidak perlu jauh-jauh datang kesini, petugas kecamatan juga tidak perlu mengirim berkas pengajuan secara manual,” terang Ita.

Sementara itu, Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dispendukcapil Jember, Yhoni Restian mengatakan, “Dengan melihat survey di lapangan mengenai aplikasi Lahbako ini, kami memiliki rencana pengembangan lebih lanjut yakni hingga ke desa-desa,” ungkap Yhoni.

Namun, meski hanya sebatas rencana, Yhoni menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan riset dan perkembangan lebih lanjut terkait aplikasi Lahbako tersebut agar bisa di maksimalkan kegunaannya.

“Sekarang kami terus mengembangkan potensi dari aplikasi Lahbako ini untuk pelayanan masyarakat, bahkan tidak menutup kemungkinan jika nantinya melalui aplikasi ini bisa menjangkau hingga dusun maupun RT/RW,” pungkasnya. (*Amb)