Admindukcapil Untuk Bayi Yang Lahir Pada Hari Lahir Pancasila


 

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Dalam rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember memberikan adminduk secara langsung disejumlah Rumah Sakit/Puskesmas di Kabupaten Jember kepada bayi-bayi yang lahir bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., mengungkapkan, Dispendukcapil Jember bersinergi dengan Dinas Kesehatan Jember, berkeliling disejumlah rumah sakit di Kabupaten Jember, guna membagikan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga beserta Kartu Identitas Anak secara langsung untuk bayi yang lahir pada tanggal 1 Juni 2021 mulai pukul 00.00 hingga 23.59. Rabu (02/06/2021).

“Kita berkeliling ke sejumlah Rumah Sakit diantaranya adalah RS dr. Soebandi dan RS. Citra Husada, kami langsung menyerahkannya kepada orang tua bayi pada saat itu, dan memberikan apresiasi, ucapan selamat atas kelahiran putra putri nya yang bertepatan dengan hari lahir pancasila,” paparnya.

Sampai dengan pukul 20.30 WIB, total bayi yang telah lahir di seluruh RS/Puskesmas se-Kabupaten Jember total telah mencapai 21 bayi dan masih akan terus didata hingga pukul 23.59.

Sementara itu, pemberian KIA, KK dan Akta Kelahiran secara langsung juga terjadi pada balita yang merupakan putri dari salah satu anggota tim Website Dispendukcapil Jember yang juga lahir pada tanggal 1 Juni 2021 di Puskesmas Kalisat.

“Terdapat pula salah satu anggota tim website kami dan putri nya juga lahir bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, untuk itu kami juga berikan Akta Kelahiran, KIA dan KK secara langsung, sesuai data yang diberikan oleh Puskesmas Kalisat,” ungkap Santi.

Meski tidak seluruh Adminduk diserahkan secara langsung kepada orang tua balita, namun Santi berharap program sinergi antara Dinkes dan Dispendukcapil ini bisa membahagiakan hati masyarakat Jember.

“Sesuai dengan slogan kami, kami berharap sinergi ini bisa membahagiakan masyarakat, kami juga berharap bisa bersinergi bersama lagi pada peringatan HUT RI ke 76 mendatang dan peringatan-peringatan nasional lainnya yang akan datang,” pungkasnya. (*Amb)