Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Giliran Kecamatan Sukowono dan Sekitarnya, Isbat Nikah Masal Digelar Besok

Dispendukcapil Jember — Sebanyak 555 Pasangan Suami Istri akan mengikuti Sidang Isbat Nikah Massal Gratis tahap V di Aula Kecamatan Sukowono pada Jum’at, 23 Nopember 2018 besok.

Isbat nikah merupakan program yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama (PA) Jember bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Jember untuk membantu masyarakat, khususnya yang belum mendapatkan buku nikah.

Kepala Seksi Pencatatan Sipil Dispendukcapil Jember, Amirulloh menyampaikan bahwa dirinya juga akan turut hadir dalam acara tersebut bersama dengan ketua Pengadilan Agama (PA) Jember serta Plt. Kepala Dispendukcapil Jember.

“Sidang isbat nikah di kecamatan Sukowono ini merupakan tahap ke-5 dari 8 rangkaian isbat nikah yang telah dijadwalkan sebelumnya. Ini juga merupakan gabungan dari beberapa kecamatan tetangga seperti Kalisat dan Arjasa,” Amir di kantornya.


Baca Juga: Layanan Isbat Nikah Masal Gratis, Berikut Jadwalnya


Sidang isbat nikah di Sukowono akan digelar di kantor kecamatan setempat. Sidang tersebut dipimpin oleh majelis hakim dari Pengadilan Agama (PA) Jember.

“Kami dan Pengadilan Agama telah mempersiapkan setidaknya 8 ruangan sidang untuk menampung seluruh peserta isbat,” papar Amir.

Amir juga menjelaskan bahwa pada Jum’at (16/11/2018) lalu, sidang isbat juga sudah dilakukan di Kecamatan Sumbersari dan dihadiri oleh 693 peserta.

“Para pasangan ini sama sekali tidak dipungut biaya administrasi, semuanya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Jadi ini juga termasuk pelayanan masyarakat,” terangnya.

Amir juga menjelaskan bahwa untuk mengikuti sidang isbat nikah ini, para pasangan harus membawa saksi beserta surat-surat yang telah disosialisasikan sebelumnya.

“Saksi itu harus bisa membuktikan kalau keduanya memang telah menikah resmi secara agama, dan bisa menjelaskan kepada hakim, sementara untuk surat-surat dokumen, adalah sebagai bukti yang kuat bahwa memang benar-benar WNI,” pungkasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.