Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Bulan Ramadan, Sosialisasi Dokumen Adminduk Terus Jalan

Kegiatan Dispendukcapil Jember Berkantor Di Desa

Dispendukcapil Jember — Meskipun masuk bulan Ramadhan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jember, terus melaksanakan proses validasi dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari penduduk di beberapa titik wilayah Jember.

Salah satunya, langkah kongkritnya adalah dengan menggencarkan sosialisasi bagaimana pentingnya dokumen adminduk untuk dimiliki warga.

Sosialisasi itu, dilakukan dengan cara menyampaikan langsung kepada warga yang sedang mengurus dokumen adminduk baik yang berlokasi di desa, di mall roxy ataupun di kantor induk Dispendukcapil Jember.

Harapannya, lewat sosialisasi yang gencar dilakukan ini, maka akan semakin banyak warga yang menyadari pentingnya dokumen adminduk tersebut.

“Warga yang belum memiliki dokumen yang penting, misalnya KTP elektronik maupun kartu keluarga (KK), agar segera mengurusnya, ” papar Kepala Disdukcapil Jember Sri Wahyuniati dalam keterangannya.

Kata Sri Wahyuni, dari pesan yang disampaikan, memang lebih kepada proses menyadarkan warga akan pentingnya dokumen kependudukan.

“Warga rata-rata lebih banyak konsultasi mengenai proses pengurusan dokumen adminduk tersebut,” lanjutnya.

Kendati demikian, rata-rata pertanyaan yang diajukan warga, adalah bagaimana cara membuat KTP elektronik maupun KK.

Salah satunya, mereka menanyakan proses dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat dokumen tersebut” jelasnya.

Sri Wahyuni juga menyampaikan kepada masyarakat, melalui pusat pelayanan Dispendukcapil agar situasi saat mengurus adminduk tetap berjalan secara kondusif.

“Memasuki bulan Ramadhan, kami kondisikan agar situasi tetap kondusif dan tidak semrawut, agar masyarakat yang sedang berpuasa dapat tetap fokus dengan ibadahnya” tandasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.