Disdukcapil Jember – Zulaiha menepis anggapan masyarakat yang menyebut mengurus administrasi kependudukan selalu ribet.
Pengakuan perempuan asal Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, itu disampaikan usai memanfaatkan layanan Disdukcapil Jember di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Kamis, 21 Desember 2023.
“Menurut saya enak saja. Antriannya tidak begitu ramai. Tempatnya nyaman, seperti berada di dalam mall. Pelayanannya juga sangat cepat, hanya dalam hitungan menit,” katanya.
Ia memanfaatkan layanan tersebut untuk merevisi nama dan tanggal lahir adiknya pada Kartu Keluarga (KK) agar sesuai dengan akta kelahirannya.
Zulaiha mengaku sempat merasa khawatir bakal rumit. Terlebih baru kali ini mengurus adminduk. Namun, kenyataannya begitu melegakan baginya.
“Ini buat saya first time mengurus adminduk,” ujarnya.
Sementara itu, Lutfi, seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, juga memberikan testimoni positif terkait pelayanan MPP.
“Ini kedua kalinya saya mengurus di sini. Dahulu saya mengurus akta kelahiran anak pada saat tempat ini baru saja dibuka, masih ada karangan bunganya,” kenang Lutfi.
Ia menilai bahwa layanan di MPP sangat memuaskan.
“Mengurus KK tidak memakan waktu lama, dan tempatnya juga bikin nyaman dan tenang. Anak saya yang masih balita ini juga sampai betah di sini, tidak mau diajak pulang,” cerita Lutfi. (*nkn)