Program “Ayo Cetak KIA” Mendapat Respon dan Antusias Baik dari Masyarakat


 

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember telah melaksanakan layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Lippo Plaza Jember, dalam program “AYO CETAK KIA”.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut (23-24 Desember 2021) mendapat respon dan antusia baik dari masyarakat Jember untuk mencetak KIA milik putra-putrinya.

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., menjelaskan bahwa layanan cetak KIA yang digelar di The Forum, Lantai 1F, Lippo Plaza Jember itu berkat sinergi antara pihak Lippo Plaza bersama Dispendukcapil Jember dengan tujuan untuk menuntaskan kepemilikan KIA di Kabupaten Jember.

“Sebelumnya, pihak Lippo Plaza mengirimkan surat kepada kami untuk melaksanakan kegiatan cetak KIA ini. Hal tersebut langsung kami respon secara positif. Semuanya sudah dipersiapkan sebaik mungkin, sehingga masyarakat dapat merasakan bahagia atas layanan yang kami berikan,” paparnya, Jum’at (24/12/2021) sore.

Dalam program tersebut, masyarakat yang datang untuk membuat KIA baru atau hanya sekedar menambahkan foto anak juga dimudahkan dengan persyaratan pembuatan KIA yang sangat simpel.

“Persyaratan sangat simpel, pemohon yang datang hanya perlu membawa FC KK, Akta Kelahiran dan KTP-el orang tua. Disamping itu, bagi orang tua yang tidak membawa pas foto anak, bisa difoto di tempat saat KIAnya hendak dicetak,” jelas Kadis Santi.

Antusias masyarakat dalam kegiatan ‘Ayo Cetak KIA’ ini juga sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan jumlah cetak KIA secara keseluruhan yang mencapai kurang lebih 500 keping.

Dirinya melanjutkan “Pada hari pertama, kita mencetak KIA sebanyak 294 keping dan pada hari kedua ini sekitar lebih dari 200 keping, hal ini membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Jember dalam kepemilikan KIA sangat tinggi, dan ini merupakan trend positif yang harus dijaga,” imbuhnya.

Kadis Santi juga menambahkan “Kami berharap, masyarakat yang sampai saat ini masih belum melengkapi kepemilikan Adminduknya untuk segera melengkapinya. Tidak hanya pada saat event seperti ini saja animonya meningkat, tidak juga pada saat kepepet kalau dibutuhkan. Uruslah segala jenis Adminduk sebelum dibutuhkan. Mari tuntaskan program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk,” pungkasnya. (*Amb)