Dispendukcapil Jember — Layanan On The Spot (OTS) di Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah berjalan lancar dengan antusiasme masyarakat yang sangat luar biasa dalam kepengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Rabu (05/02/2020) pagi.
Digelar di Kantor Desa Kemuningsari Kidul dengan suasana ramai lancar dan bentuk balai desa yang mirip dengan istana negara, masyarakat nampak menikmati pelayanan yang diberikan oleh Dispendukcapil Jember.
Koordinator kegiatan, Amirulloh, mengungkapkan jika kegiatan OTS kali ini tetap bersifat offline dan hanya menerima berkas pengajuan saja, namun demikian total 1.037 masyarakat desa tersebut terlayani dengan baik.
“OTS kali ini ramai lancar dan tidak ada kendala apapun, kami senang melayani masyarakat dengan kondisi seperti ini. Masyarakatnya antusias, suasananya juga sangat nyaman,” jelas Amir kepada tim website Dispendukcapil Jember.
Amir juga menjelaskan bahwa layanan yang diberikan seperti pada ots sebelumnya yakni, perekaman KTP-el, Cetak KTP-el, Suket, KK, KIA, dan Akta Kelahiran.
“Kami terima berkasnya, lalu akan kami proses di Dispendukcapil Jember, kami akan berikan rentan waktu 7 hari kepada masyarakat untuk selanjutnya dapat mengambil Adminduknya di kantor Desa Kemuningsari Kidul ini dengan membawa tanda bukti pengambilan yang telah kami berikan,” papar Amir.
Berikut rekapitulasi pelayanan OTS Desa Kemuningsari Kidul, Rabu (05/02/2020).
- Perekaman KTP-el. 77
- KK. 212
- Akte lahir. 222
- KIA. 338
- Revisi KTP. 188
Jml Total. 1.037
Sementara itu, Nuning salah satu warga sekitar, mengaku senang dapat mengikuti kegiatan OTS ini dan mengajukan revisi KK miliknya. Menurutnya, pelayanan seperti ini lah yang diharapkan oleh masyarakat.
“Seperti ini yang kami inginkan, Pelayanan yang baik, terjun langsung ke lapangan sehingga kami tidak perlu jauh-jauh datang Dispendukcapil Jember untuk mengurus Adminduk,” jabarnya.
Nuning menilai bahwa Dispendukcapil Jember merupakan salah satu instansi pemerintah yang sangat peduli terhadap masyarakat, terutama yang tinggal di pelosok.
“Dispendukcapil Jember ini sangat peduli, rela datang jauh-jauh hanya untuk melayani masyarakat yang ada di pelosok seperti kami. Kami bangga dan salut kepada Dispendukcapil Jember,” pujinya.
“Kami juga sangat berharap jika pelayanan-pelayanan di desa seperti ini nantinya bisa diberlakukan secara reguler atau setiap hari. Jadi kami tidak perlu ke Kecamatan atau Dispendukcapil Jember, hanya perlu ke desa,” pungkas Nuning. (*Amb)