Layanan Adminduk Tingkat Desa Dengan J-Lahbako Desa


 

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Layanan Harian Buat Administrasi Kependudukan Orang Jember (J-Lahbako) Tingkat Desa / Kelurahan resmi diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember.

Peluncuran tersebut digelar di Aula Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Senin (14/02/2022) sore waktu setempat.

Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Dr. H.M Safi’i, M.Si., yang juga sekaligus melaunching J-Lahbako Desa menjelaskan bahwa inovasi dari Dispendukcapil Jember ini sangat keren dan patut diapresiasi.

“Saya mewakili Bupati Jember senang bisa mendapatkan kesempatan untuk hadir dan meresmikan J-Lahbako Desa. Ini merupakan inovasi yang keren, inovatif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kita patut berikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yaitu Dispendukcapil Jember,” paparnya saat memberikan sambutan.

Safi’i melanjutkan, “Sekarang masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Dispendukcapil Jember yang ada di Jl. Jawa sana, cukup datang ke kantor desa terdekat, masyarakat sudah dapat mengajukan sejumlah Adminduk,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., menyampaikan bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama J-Lahbako juga dilaksanakan, antara Dispendukcapil Jember dengan 5 perwakilan desa dari Kecamatan Jenggawah secara simbolis.

“Alhamdulillah, tadi kita juga sudah menandatangani MOU bersama perwakilan desa yang ada di kecamatan Jenggawah ini. Selanjutnya, kami harap masyarakat bisa merasakan manfaat dari Layanan J-Lahbako yang ada di desa-desa ini,” terangnya.

Kepala Dinas yang akrab disapa Santi itu menyebut, dimana kini total terdapat 74 desa yang telah mendaftarkan diri untuk menginstal aplikasi J-Lahbako dan menerapkannya sebagai layanan publik.

Kadis Santi juga berharap, pelayanan di tingkat desa ini mampu menekan kepemilikan Adminduk di Kabupaten Jember secara cepat dan lebih efisien dari sebelum-sebelumnya.

“Kalau layanan sudah kita tempatkan di desa seperti sekarang ini, kami berharap masyarakat kian menyadari pentingnya memiliki dan melengkapi Adminduk. Dengan adanya J-Lahbako desa ini juga, tugas Dispendukcapil Jember untuk melayani masyarakat menjadi lebih ringan, sehingga kedepannya angka kepemilikan Adminduk masyarakat Jember semakin meningkat,” pungkasnya. (*Amb)