Laporkan Yuuk..! Bantu Warga Berkebutuhan Khusus/Lansia Lengkapi Adminduknya


 

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan pada fisiknya.

Salah satu layanan yang menjadi andalan Dispendukcapil Jember adalah layanan jemput bola dengan mendatangi masyarakat ke rumahnya secara langsung untuk memberikan layanan pengurusan Administrasi Kependudukan kepada yang bersangkutan.

“Layanan ini biasanya kami berikan untuk masyarakat yang memiliki keterbatasan pada fisiknya atau masyarakat yang sudah sepuh (lansia) yang tidak sudah tidak mampu untuk berjalan, kita akan penuhi hak-hak Kependudukannya dengan cara datang langsung ke rumah-rumahnya,” ujar Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., Senin (21/06/2021).

Wanita yang akrab disapa Santi itu juga menjelaskan bahwa, masyarakat yang memiliki keterbatasan seperti itu lah yang menjadi perhatian lebih dari Dispendukcapil Jember untuk nantinya diberikan layanan yang terbaik bahkan walaupun harus terjun ke pelosok desa untuk mendatangi rumah yang bersangkutan.

“Layanan seperti ini sudah seringkali kita laksanakan, selain untuk memenuhi kebutuhan atau hak-hak Kependudukannya, nantinya layanan Adminduk yang kita berikan ini juga bisa menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Dinas terkait,” ujar Santi yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial tersebut.

Dispendukcapil Jember juga turut mengajak seluruh masyarakat Jember untuk dapat memberikan informasi apabila mendapati warga Jember yang memiliki keterbatasan fisik atau sudah tidak mampu lagi untuk berjalan dengan normal melalui nomor Whatsapp 081333381010 atau email: infodispendukcapiljember@gmail.com untuk kemudian didata dan diperiksa kelengkapan Adminduknya.

“Jadi nanti, apabila terdapat Adminduk yang kurang lengkap, akan langsung kita datangi ke rumahnya untuk kita proses lebih lanjut seluruh Adminduk yang belum dimiliki, ini peran kita bersama,” tegasnya.

Dirinya juga menambahkan “Kami juga berharap, masyarakat bisa terus mendukung seluruh inovasi layanan dari kami terutama untuk kemajuan birokrasi Kabuapten Jember saat ini dan di masa yang akan datang,” pungkasnya. (*Amb)