Kiat-Kiat Disdukcapil Jember Menyukseskan Reformasi Birokrasi


 

Disdukcapil Jember – Upaya memenuhi harapan masyarakat guna mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari aparatur pemerintah terus dilakukan utamanya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember.

Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Agus Khusnul Mufid, ST, M.Si. menegaskan komitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi agar mencapai pelayanan yang memuaskan masyarakat.

Bahkan pria yang akrab disapa Mufid ini telah merancang kiat-kiat guna menyukseskan penilaian mandiri dalam reformasi birokrasi di Disdukcapil Jember.

Mufid menyebutkan, kiat-kiat tersebut adalah:

  • – Melengkapi dokumen terkait reformasi birokrasi;
  • – Merencanakan kegiatan terkait reformasi birokrasi dan budaya kerja;
  • – Melakukan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan budaya kerja;
  • – Perencanaan tindak lanjut terhadap perbaikan pelayanan di Disdukcapil Jember.

Dalam melaksanakan kiat-kiat ini, masih kata Mufid, aparatur pemerintah pastinya menemui kendala.

Namun, aparatur pemerintah di Disdukcapil Jember tidak akan berfokus pada masalah dan kendala yang dihadapi. Sebab, kendala merupakan bagian dari solusi itu sendiri.

“Kendala dan masalah pasti ada. Tapi di sini kita akan fokus kepada bagaimana memecahkan masalah dan mengorganisir masalah tersebut. Karena, bagi kami, kendala adalah solusi,” ujarnya.

Mufid berharap adanya internalisasi nilai budaya kerja. Yaitu nilai-nilai budaya kerja yang dibangun dapat dilaksanakan, dapat diinternalisasikan, dan menjadi sebuah karakter dalam melayani masyarakat. (*nkn)