Inovasi Kecepatan Layanan Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi


 

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember kembali melanjutkan Sosialisasi Kegiatan Dalam Rangka Peningkatan Pencapaian Target Nasional Kabupaten Jember Tahun 2021 di Emerald Hall, Hotel Royal, Sumbersari, Kabupaten Jember, Selasa (21/09/2021).

Giat Sosialisasi hari ini merupakan tahap kedua dan dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan kepala desa/lurah dan kepala sie pelayanan desa/kelurahan serta berasal dari 50 desa/kelurahan di 5 kecamatan (Sumbersari, Sukowono, Kalisat, Ledokombo dan Sumberjambe).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dispendukcapil Jember, Yhoni Restian, S.Sos., yang sekaligus menjadi salah satu pemateri sosialisasi, menjelaskan bahwa materi yang ditekankan olehnya adalah Sistem Informasi Administrasi Kependudukan serta permasalahan data kependudukan.

“Yang ingin kita tekankan kali ini adalah Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang menjadi aplikasi atau sistem utama layanan Administrasi Kependudukan, ini memang wajib disampaikan, terutama kepada Lurah/Kepala Desa serta seluruh peserta yang hadir karena harapan kita kedepan adalah layanan Adminduk yang bisa diakses cukup di tingkat desa/kelurahan,” paparnya saat memberikan materi kepada peserta, Selasa (21/09/2021).

Tidak hanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan saja, Yhoni juga menjelaskan bahwa saat ini Dispendukcapil Jember juga telah membuka layanan online menggunakan Aplikasi LAHBAKO untuk bisa dioperasikan di tingkat Desa/Kelurahan.

“Tidak hanya di tingkat kecamatan, aplikasi LAHBAKO kini juga sudah bisa kami aplikasikan hingga tingkat desa maupun kelurahan, tapi itu tidak kita wajibkan bagi seluruh desa maupun seluruh kelurahan, kita kembalikan lagi kepada perangkat desa maupun kelurahan apakah akan menerapkan di tempatnya masing-masing, kalau ingin menerapkan, cukup mengajukan saja kepada kami di Dispendukcapil Jember,” jabarnya.

Sementara itu, Herlan Hidayat yang merupakan salah satu peserta sekaligus Lurah Kebonsari memberikan apresiasi kepada Dispendukcapil Jember berkat diadakannya kegiatan sosialisasi yang melibatkan kelurahan/desa dengan Dispendukcapil Jember.

“Dengan kegiatan semacam ini tentunya kami sebagai perangkat desa/kelurahan merasa senang dan sangat mengapresiasi Dispendukcapil Jember, sekaligus terimakasih karena telah mengundang kami,” ujarnya.

Herlan juga menuturkan bahwa dengan menghadiri undangan sosialisasi yang diberikan dari Dispendukcapil Jember ini, dirinya mendapatkan cukup banyak manfaat atas materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber.

“Yang kita dapatkan dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dispendukcapil ini adalah bagaimana kecepatan kita dalam konteks pelayanan kepada warga, pelayanan yang melibatkan KK, KTP-el maupun Akta Pencatatan Sipil bisa dipercepat dengan aplikasi yang telah disediakan oleh Dispendukcapil Jember dan lain sebagainya,” ungkap Herlan.

Tak sampai disitu saja, melalui akhir kalimatnya, Herlan juga turut memberikan masukan serta saran terkait layanan Dispendukcapil Jember kedepan.

“Untuk Dispendukcapil Jember, teruslah berinovasi dalam hal Informasi dan Teknologi terutama untuk menjalankan program percepatan layanan Administrasi Kependudukan di tingkat kelurahan hingga RT/RW nantinya,” pungkasnya. (*Amb)