Disdukcapil Jember Pamerkan Layanan Prima ke Publik

Disdukcapil Jember – Bupati Jember H. Hendy Siswanto, ST., IPU., mengunjungi stan pameran dan layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember yang digelar di Alun-alun Jember pada Senin, 17 Juli 2023.

Bupati Jember mengatakan bahwa pameran Disdukcapil Jember menjadi miniatur semua layanan public yang ada di kantor Disdukcapil di Jalan Jawa.

“Pameran Dukcapil ini adalah bagian dari miniatur pelayanan Dukcapil yang ada di kantor. Itu ada di sini semua. Layanan ini ditunjukkan kepada masyarakat,” terang Bupati Jember Hendy.

Kunjungan Bupati Hendy dilaksanakan usai kegiatan pelepasan mahasiswa dari 18 perguruan tinggi. Termasuk dua perguruan tinggi dari luar Jember, yaitu Surabaya dan Malang. Mahasiswa akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaboratif di 226 desa di Jember.

Pameran Disdukcapil Jember itu dikemas dalam tajuk “Wes Wayahe Pelayanan Admindukcapil Kueren serta Gebyar IKD” yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kependudukan Sedunia.

Pameran sekaligus pelayanan ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Bupati Hendy menjelaskan. pameran bertujuan memberikan gambaran kepada masyarakat tentang proses pelayanan Disdukcapil dan memberikan pemahaman mengenai permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat, khususnya terkait keterbatasan blanko KTP el.

“Namun, tadi dijelaskan Kadisdukcapil Jember, bahwa masyarakat bisa menggunakan pengganti KTP el sementara, yang bentuknya kertas atau yang namanya Biodata WNI. Sementara pakai itu,” jelasnya.

Dengan adanya miniatur pelayanan Dukcapil yang ditampilkan dalam pameran ini, Bupati Hendy berharap masyarakat dapat dengan mudah mengetahui proses administrasi yang sedang diurus.

“Insya Allah akan ada jawaban yang bisa mengatasi problem kita semuanya,” harapnya.

Bupati Hendy menyatakan komitmen pemerintah, baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat, untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Tentunya kita semua akan memperbaiki terus layanan yang lebih baik, itu semangat kami,” tutupnya.

Salah satu masyarakat yang datang ke miniatur layanan Disdukcapil Jember, Dian, memberikan testimoni usai dirinya mendapatkan pelayanan IKD di miniatur layanan ini.

“Tadinya mau revisi KTP el, soalnya gambarnya sudah buram. Tapi sama petugasnya diarahkan untuk registrasi IKD, terus saya lihat alhamdulillah gambar saya terlihat jelas,” ujarnya.

Setelah dirinya mendapatkan IKD di ponselnya, dia mengaku senang dengan adanya pelayanan di alun-alun Jember ini.

“Senang sekali, kebetulan tempat kerja saya di bank seberang alun-alun. Saya lihat ada ramai-ramai tadi, pas saya lihat ternyata Dispenduk di sini. Alhamdulillah, layanannya memuaskan,” tuturnya. (*nkn)