Disdukcapil Jember Buka Kelas Pengajuan Online Admindukcapil

Disdukcapil Jember – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember terus melakukan inovasi pelayanan supaya masyarakat dapat menikmati layanan dengan baik.

Kelas Pengajuan Online Admindukcapil merupakan salah satu inovasi layanan Disdukcapil.

Kepala Seksi Pemanfaatan data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Disdukcapil Jember, M. Agus Khusnul Mufid, S.T. M.Si, menjelaskan tentang inovasi tersebut.

Ia mengatakan pada Jum’at 19 April 2024, Kelas Pengajuan Online Admindukcapil dimulai pada bulan Februari 2024.

Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam inovasi layanan ini.

Pertama, memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat untuk melakukan pengajuan admindukcapil secara online.

“Kelas ini diperuntukkan bagi warga yang datang di kantor Disdukcapil Jember,” terangnya.

Kedua, agar pelayanan menjadi lebih efektif. Yaitu untuk mengurangi jumlah antrian di loket kantor Disdukcapil Jember.

Ketiga, agar lebih efisien. Yaitu, dalam waktu yang relatif singkat dapat melayani masyarakat lebih banyak.

“Sebelumnya, dalam waktu satu jam, satu orang petugas di loket hanya dapat menyelesaikan sekitar sepuluh pemohon yang datang,” ungkap Mufid.

“Sedangkan dalam kelas pengajuan online ini, kami dapat menyelesaikan tiga kali lipatnya, bisa tiga puluh pemohon,” lanjutnya.

Mufid menerangkan, begitu selesai mengikuti kelas pengajuan online adminduk ini, selesai pula proses pengajuan pendaftaran.

Warga yang datang di kantor Disdukcapil Jember akan diarahkan untuk mengikuti kelas pengajuan online ini.

Menempati salah satu ruangan di kantor Disdukcapil, pemohon dibimbing petugas untuk menerapkan pengajuan mandiri melalui aplikasi, baik website maupun WhatsApp.

Seperti diketahui, Disdukcapil Jember mempunyai inovasi layanan secara online. Seperti layanan SIP yang berbasis web dan layanan melalui saluran WhatsApp.

Lina mengakui tidak tahu jika ada kelas pengajuan online admindukcapil.

Namun, setelah mengikuti kelas ini, warga bangsalsari ini merasakan inovasi pelayanan ini bagus, karena dapat memberikan alur pengajuan yang jelas dan lebih cepat prosesnya.

“Saya sebelumnya tidak tahu jika ada kelas pengajuan online. Tadi datang ke loket terus diarahkan sama petugas untuk mengikuti kelas tersebut,” ujar Lina.

Menurutnya proses dari pengajuan online cepat. “Seminggu sudah jadi, tinggal cetak. File juga dikirim melalui email,” kata Lina. (*nuv)