Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Terkait Ketersedian Blangko KTP El, Begini Penjelasannya !

Dispendukcapil Jember — Ketersediaan blanko KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember sejak akhir bulan Maret 2019 lalu hingga saat ini sementara masih belum tersedia secara normal.

Sekretaris Dispendukcapil (Sekdin), Daryanto mengemukakan bahwa pihaknya masih menunggu kiriman serta kabar dari Direktorat Jendral Dukcapil pusat terkait ketersediaan Blanko KTP-el.

Disisi lain, Daryanto beserta segenap karyawan Dispendukcapil Jember, memohon maaf kepada seluruh masyarakat atas tertunda nya pembuatan KTP-el yang disebabkan oleh kekurangan stok Blanko KTP-el ini.

“Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Jember. Sebagai gantinya, bagi masyarakat yang melakukan Revisi KTP-el akan kami berikan bentuk Surat Keterangan Perekaman KTP-el atau Suket,” terangnya. Rabu pagi (15/05/2019).

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Ani Setyaningsih mengatakan bahwa yang tersedia hingga saat ini adalah blanko KTP-el cadangan yang dipergunakan bagi masyarakat yang baru saja melakukan Perekaman dan belum pernah mencetak KTP-el sama sekali.

“Sementara untuk saat ini, kami hanya menyediakan blanko KTP-el cadangan yang kami khususkan atau kami prioritaskan kepada masyarakat yang belum pernah memiliki KTP-el atau baru melaksanakan perekaman KTP-el,” tuturnya.

Dirinya melanjutkan, “Bagi masyarakat yang mengajukan KTP-el revisi maupun kehilangan, akan kami cetakkan Surat Keterangan (Suket) yang statusnya sudah sama persis seperti KTP-el dan berlaku selama 6 (enam) bulan sejak diterbitkan,” bebernya.

Di akhir kalimatnya, Ani berharap masyarakat dapat memaklumi hal ini dan tetap menjaga ketertiban saat melakukan permohonan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di beberapa tempat yang telah disediakan.

Pihaknya juga berjanji, bahwa akan segera memberi kabar lebih lanjut kepada masyarakat, melalui pengumuman di sosial media maupun website jika ketersediaan blanko KTP-el sudah berangsur normal kembali. [*]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.