Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Sosialisasikan Admindukcapil di Karnaval Budaya Pandhalungan 2019

Dispendukcapil Jember — Selain sebagai peserta Karnaval Budaya Pandhalungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember juga turut menyebarkan selebaran pamflet serta brosur berisi petunjuk dan arahan dalam pembuatan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Sabtu (24/08/2019).

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk sosialisasi GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) kepada masyarakat yang sedang menonton kegiatan Karnaval, agar mau menyadari akan pentingnya Adminduk yang menjadi syarat mutlak Warga Negara Indonesia.

“Kami mengajak masyarakat Jember seluruhnya untuk dapat sadar Adminduk tidak hanya kalau dibutuhkan saja, tetapi juga sadar jika Adminduk tersebut merupakan salah satu dokumen dan komponen penting, yang Wajib dilengkapi oleh kita sebagai Warga Negara Indonesia,” paparnya.

Tidak hanya melalui brosur dan pamflet, sosialisasi juga di dengungkan oleh Dispendukcapil Jember melalui sarana mobil hias yang berisikan berbagai macam hiasan dan banner petunjuk pembuatan Adminduk.

“Jadi, selain menyebarkan pamflet dan brosur, kami juga sudah menyediakan sarana mobil hias yang kami modifikasi sedemikian rupa untuk menarik minat masyarakat Jember dalam kesadaran kepemilikan Adminduk ini, ada juga peserta dari kami yang membawa papan petunjuk berisikan persyaratan-persyaratan utama pembuatan segala jenis Adminduk,” ungkap Santi.

Isi dari sosialisasi tersebut adalah, mengajak masyarakat untuk bisa mengurus Adminduk secara mandiri tanpa melalui calo atau pihak ketiga, serta pengurusannya dapat dilakukan melalui Kantor Kecamatan setempat, Galeri Mall Roxy, Kantor Dispendukcapil Jember serta Aplikasi SIP yang tentunya cepat jadi dan Gratis.

“Pengurusan segala jenis Adminduk ini bisa dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari kantor Kecamatan, Galeri Mall Roxy, Kantor Dispendukcapil Jember atau jika tidak ingin ribet bisa melalui Aplikasi SIP secara online, dan dijamin pasti Jadi serta semuanya Gratis tidak dipungut biaya,” tegas Santi melalui pengeras suara kepada seluruh masyarakat yang sedang menyaksikan karnaval di pinggir jalan.

Selain itu, Santi juga menjelaskan bahwa manfaat memiliki Adminduk juga banyak sekali, diantaranya adalah Perlindungan Hak Asasi, pernikahan, pengajuan bantuan sosial, pengajuan akses kesehatan dan masih banyak lagi.

“Untuk itu, marilah senantiasa bersama-sama sadar akan pentingnya Adminduk ini, jangan sampai malas mengurusnya, ini hak yang harus kita penuhi, jangan sampai kita menjadi warga negara yang tidak menyadari sama sekali akan pentingnya Adminduk ini untuk kita miliki,” pungkasnya. [*]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.