Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Sosialisasi dan Edukasi Admindukcapil di Karnaval Pandhalungan

Dispendukcapil Jember — Pagelaran Karnaval Tradisional dalam rangka memperingati hari jadi Pemerintah Kabupaten Jember yang ke-90 pada Senin siang (31/12/2018) sekaligus menjadi Ajang sosialisasi Admindukcapil yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember yang juga menjadi peserta dalam karnaval tradisional tersebut.

Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Sartini mengatakan bahwa selain sebagai ajang pameran kesenian dan budaya Jember, dalam karnaval ini Dispendukcapil Jember juga sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang menonton karnaval tentang pentingnya Keberadaan Admindukcapil ini.

“Jadi masyarakat yang masih belum paham tentang apa itu Admindukcapil serta bagaimana cara mengurus dan apa saja layanan yang ditawarkan oleh Dispenduk, mereka sedikit banyak bisa mengetahuinya melalui sosialisasi ini,” paparnya.

Peserta karnaval yang masih merupakan karyawan dari Dispendukcapil sendiri juga dirias dalam berbagai macam kostum pakaian Adat di Indonesia, lalu mereka diberi papan tulisan berisikan slogan-slogan serta jargon Dispendukcapil dalam melayani masyarakat.

Dalam papan tersebut juga disebutkan layanan apa saja yang diberikan oleh Dispendukcapil Jember, mulai dari pelayanan SEMEDI, Galeri Roxy serta Aplikasi SIP.

“Selain itu kami juga menyediakan sound system yang kami pasang di mobil pick-up untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang menonton dalam bentuk suara atau lisan, agar masyarakat lebih paham lagi,” kata Sartini menjelaskan.

Merasa masih belum cukup, tak hanya sampai disitu saja usaha Dispendukcapil Jember dalam memberikan sosialisasi. Sartini juga telah menyiapkan ratusan pumflet berisikan tata cara mengurus Admindukcapil (KTP-el, KK, KIA, Akta Kelahiran, dll), untuk dibagikan kepada masyarakat yang sedang menonton.

Dan sekali lagi dirinya menegaskan bahwa pengurusan segala Jenis Adminduk ini adalah GRATIS tidak dipungut biaya.

“Jadi sambil kita berjalan, kita juga membagikan pumflet-pumflet tersebut kepada masyarakat yang menonton di pinggir jalan raya sepanjang jalan Gajah Mada hingga Alun-Alun Jember,” ungkap Sartini.

Dirinya berharap melalui sosialisasi ini, bisa menjadikan Dispendukcapil Jember dipandang lebih baik kedepannya sesuai dengan usaha keras yang telah dilakukan dalam melayani masyarakat.

“Jadi kami masih sangat mengharapkan masyarakat untuk memberikan support serta dukungan kepada kami untuk bisa berusaha melayani masyarakat se-Kabupaten Jember ini,” pungkasnya. [*]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.