Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Ngantor Di Desa, Difokuskan Pada Perekaman KTP El

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember kembali melaksanakan layanan On The Spot di sejumlah desa di Kabupaten Jember. Kali ini giliran di Wilayah kecamatan Bangsalsari yang dilaksanakan pada tanggal 23, 24, 25, dan 29 April 2019. Layanan On The Spot kali ini berupa perekaman KTP-el.

Untuk besok, 25 April 2019, adalah giliran desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari dan pada tanggal 29 April 2019 mendatang adalah desa Langkap, Bangsalsari.

Menurut Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Yhoni Restian, layanan OTS ini diberikan guna menekan angka kepemilikan KTP-el bagi warga desa pelosok yang jauh dari jangkauan kantor kecamatan setempat.

“Hal ini kami lakukan untuk memenuhi hak hak masyarakat mengenai kepemilikan KTP-el, tujuan utamanya adalah mempermudah masyarakat sehingga tidak perlu jauh-jauh mengantri ke Dispendukcapil Jember ataupun ke kantor Kecamatan setempat,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa pada awal bulan April lalu, pihaknya telah melakukan perekaman di 4 desa di kecamatan Sumberbaru, yakni desa Karangbayat, Pringgowirawan, Jatiroto dan Yosorati.

“Ini masih akan terus berlanjut sampai akhir bulan April dan awal Mei mendatang. Kemarin, sebanyak 593 masyarakat dari 4 desa di kecamatan Sumberbaru sudah terlayani dengan baik,” tegas Yhoni.

Di akhir penjelasannya, Yhoni mengatakan bahwa ada 10 desa di bulan April ini dan 3 desa di awal Mei dari 3 Kecamatan (Sumberbaru, Bangsalsari, dan Tanggul) yang di fokuskan untuk tuntas melaksanakan perekaman KTP-el ini sebagaimana jadwal berikut.

“Targetnya pada akhir bulan April dan awal Mei ini, perekaman KTP-el di 12 desa pelosok dari 3 kecamatan dapat rampung terlselesaikan. Sementara untuk jadwal pada bulan berikutnya nanti menyusul kami informasikan di akhir bulan,” pungkasnya. [*]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.