Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Mengupayakan Hingga Ke Pusat, Blangko KTP El Telah Tersedia

Dispendukcapil Jember — Proses Pencetakan KTP-el dilakukan kembali oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember setelah sempat terhenti karena tidak adanya stok blangko KTP-el sejak bulan November 2018 lalu.

“Blangko KTP-el sudah ada kembali, jadi aktivitas pencetakan KTP-el sudah berjalan lancar seperti biasanya,” kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Jember, Ani Setyaningsih, Selasa 12 Februari 2019.

Blangko KTP-el diperoleh setelah pihak Dispendukcapil Jember menuju Pemerintah Pusat untuk meminta blangko KTP-el beberapa pekan lalu.

“Setelah melalui beberapa tahapan ke Pusat, akhirnya kami mendapatkan 28.000 blangko KTP yang bisa dipergunakan oleh seluruh masyarakat Jember,” ungkap Ani.

Ani menyampaikan jika saat ini, data KTP-el siap cetak atau Print Ready Record (PRR) di Kabupaten Jember berjumlah sekitar 14.000. Ia menyampaikan bahwa sisanya akan digunakan untuk keperluan lainnya seperti masyarakat yang KTP-el nya rusak/hilang atau hanya sekedar revisi.

“Jadi sekarang semua masyarakat yang hendak melakukan cetak KTP-el semuanya bisa. Yang beberapa hari lalu masih memegang Surat Keterangan (Suket) sekarang sudah bisa melakukan cetak KTP tentunya dengan persyaratan yang sudah kami tentukan,” ujar Ani.

Ia berharap agar ketersediaan blangko KTP-el selalu ada, tetapi itu semua tergantung dari penyaluran atau pemberian dari pemerintah pusat.

“Ya kita maunya stok blangko KTP-el disediakan sesuai dengan jumlah yang akan dicetak. Namun itu semua tergantung dari pemerintah pusat sebagai penyedia blangko KTP-el,” pungkasnya. [*]

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.