Kecamatan Arjasa Konsisten dan Optimal Layani Admindukcapil

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Pemerintah Kecamatan Arjasa masih terus melayani pembuatan Administrasi Kependudukan untuk seluruh masyarakat Kecamatan Arjasa dan sekitarnya.

Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Arjasa, Sugianto menjelaskan bahwa pelayanan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Adminduk milik masyarakat Arjasa yang hingga saat ini diakuinya belum sepenuhnya menyadari akan kepentingan dokumen-dokumen tersebut.

“Di Dispenduk ada program yang namanya Gisa (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk), nah kita juga turut mendukung dan mengoptimalkan layanan disini,” ujar Sugianto saat ditemui oleh tim website Dispendukcapil Jember.

Sugianto yang juga merupakan Plt. Kepala Desa Darsono tersebut mengakui jika antusias masyarakat Arjasa dan sekitarnya dalam mengurus Adminduk di kantor kecamatan sudah cukup baik.

“Kalau antusiasnya relatif baik ya, per hari itu rata-rata kisaran 15-20 orang yang mengurus Adminduk disini, dan itupun jarang terjadi antrian,” paparnya.

Untuk waktu proses Adminduk, Sugianto menjelaskan jika masyarakat hanya perlu menunggu waktu sekitar Satu Minggu saja untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang sudah diajukan.

“Waktu menunggu nya hanya seminggu, kalau diurus hari selasa ya jadi hari selasa berikutnya, kalau diurus hari kamis ya jadi hari kamis berikutnya,” jelas Sugianto.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat Arjasa agar memeriksa dan meneliti kembali seluruh berkas persyaratan Adminduk yang akan diajukan agar datanya tidak dipending.

“Maka dari itu, masyarakat harus melengkapi seluruh persyaratannya sebelum mengajukan Adminduknya, karena kalau tidak lengkap ya terpaksa kami pending atau kami tunda minggu berikutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H, M.Si., mengapresiasi kinerja Kecamatan Arjasa dalam bidang pelayanan Administrasi Kependudukan.

Menurutnya, kecamatan Arjasa sudah cukup konsisten dan optimal dalam melayani masyarakat Arjasa sesuai dengan pedoman dan prosedur layanan Dukcapil.

“Sudah sangat baik sekali, perlu dipertahankan, ya kalau bisa ditingkatkan lagi agar masyarakat semakin sadar Adminduk kedepannya,” pungkasnya. [*]