Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Jemput Bola, Layani Sejumlah Warga Hingga di Rumahnya

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember terus memaksimalkan pelayanan perekaman KTP-el.

Tak hanya dilakukan di kantor dan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember. Namun perekaman juga dilkukan secara mobile di sejumlah rumah warga. hal ini dilakukan guna melayani warga yang belum terekam datanya, terutama bagi yang sakit. Karena sejumlah warga yang tak memungkinkan untuk mengurus KTP-el dengan datang.

Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Jember Yhoni Restian mengatakan, pihaknya berupaya akan terus melaksanakan pelayanan jemput bola ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan warga yang sakit maupun yang memiliki riwayat gangguan jiwa maupun penyandang disabilitas.

Dikatakannya meski keadaan warga yang sudah tak berdaya tetap harus dilakukan perekaman KTP-el, karena memang hal itu wajib dilakukan.

“Sebagai contoh, ada yang sudah tak bisa berdiri dan jalan kita langsung lakukan perekaman meski berada di tempat tidur,” kata Yhoni, Sabtu (22/06/2019).

Yhoni juga menambahkan bahwa pada bulan Juni 2019 ini, pihaknya telah melakukan pelayanan jemput bola ke rumah warga ini sebanyak 3 kali di 3 lokasi yang berbeda, diantaranya :

  • Di Desa Dukuhdempok, Wuluhan)
  • Di Desa Ampel, Wuluhan), dan ;
  • Di Desa Karangsemanding, Balung

Semuanya mendapatkan pelayanan yang sama tanpa di beda-bedakan.

Sementara itu, terkait gencarnya pelaksanaan jemput bola dan pelayanan bagi masyarakat yang sedang sakit, itu merupakan salah satu upaya Dispendukcapil Jember dalam memaksimalkan dan mendorong masyarakat untuk tertib administrasi.

“Dengan begini, masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya tertib administrasi sebagai persyaratan awal pengurusan berbagai berkas. Terutama yang sakit, karena mereka tak bisa datang ke kantor, mereka bisa melakukan pengajuan ke kami, maka kami akan langsung turun ke rumah-rumah,” tutupnya. [*]

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.