Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Dua Desa di Sumberbaru Kembali di Datangi Dispendukcapil Jember

Dokumentasi OTS Sebelumnya di Sejumlah Desa

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember akan kembali melaksanakan layanan On The Spot kepada masyarakat desa Rowotengah dan desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2019.

Layanan yang diberikan kali ini mulai dari KTP-el, KK, KIA serta Akta Kelahiran maupun Akta Kematian bagi masyatakat seluruh desa-desa tersebut.

Untuk besok pada tanggal 28 Agustus 2019, adalah giliran desa Rowotengah dan pada tanggal 29 Agustus 2019 mendatang adalah desa Karangbayat, keduanya merupakan desa di Kecamatan Sumberbaru.

Menurut Sekretaris Dispendukcapil Jember, Daryanto, layanan OTS ini diberikan guna mengoptimalkan layanan Adminduk dari Dispendukcapil Jember kepada masyarakat sekaligus menyosialisasikan program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk).

“Hal ini kami lakukan untuk memenuhi hak hak masyarakat mengenai kepemilikan Administrasi Kependudukan atau Adminduk, tujuan utamanya adalah mempermudah masyarakat sehingga tidak perlu jauh-jauh mengantri ke Dispendukcapil Jember ataupun ke kantor Kecamatan setempat,” ujarnya.

Daryanto juga menjelaskan mengenai prosedur pengurusannya adalah menggunakan sistem Semedi atau Secepat-cepatnya mesti Jadi alias langsung cetak di tempat.

“Jadi besok masyarakat yang mengurus Adminduk itu bisa langsung jadi dan dibawa pulang, karena semuanya langsung kami cetak di tempat agar mempermudah kami dan masyarakat yang mengurus,” paparnya.

Dirinya menjelaskan bahwa untuk kedepannya masih akan ada desa-desa lain yang akan mendapat giliran On The Spot tersebut.

“Ini masih akan terus berlanjut kedepannya, jadi kami harap masyarakat yang hendak menggunakan layanan OTS ini bisa melengkapi persyaratannya terlebih dahulu sampai benar-benar valid, jangan sampai ketika mengurus nanti ada masalah di data nya dan di pending,” tegas Daryanto.

Daryanto menambahkan “Targetnya hingga akhir tahun mendatang, desa-desa yang menurut kami susah dari jangkauan akan mendapat giliran, kami selalu berharap mendapat dukungan pula dari seluruh masyarakat,” pungkasnya. [*]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.