Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Begini Penjelasan Sekdin Mengenai Alternatif Tempat dan Jenis Layanan

Dispendukcapil Jember — Layanan pengurusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember, masyarakat saat ini telah diberikan berbagai kemudahan oleh berbagai macam pilihan pelayanan atau tempat pelayanan yang dapat dimanfaatkan.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas (Sekdin) Dispendukcapil Jember Daryanto pada hari ini, Jum’at (01/03/2019).

“Bentuk dan tempat pelayanan yang kami berikan saat ini bermacam-macam, mulai dari layanan SEMEDI di Kantor Dispendukcapil Jember, Layanan Adminduk di masing-masing Kecamatan, Galeri Pelayanan Admindukcapil Mall Roxy, menggunakan Aplikasi SIP, serta di Tim Rujukan Sosial yang berada di 3 Rumah Sakit milik pemerintah di kabupaten Jember,” papar Daryanto.

Dirinya menjelaskan, masyarakat bebas memilih layanan apa saja yang dan alternatif tempat yang ingin digunakan. Tapi, Daryanto berpesan kepada masyarakat untuk mengutamakan layanan di masing-masing kantor Kecamatan agar pelayanan di kantor Dispendukcapil Jember berjalan dengan Kondusif dan tidak terlalu penuh sesak.

Seperti disampaikan sebelumnya, kalau warga mau mengurus sendiri ke Dispendukcapil Jember, pihaknya juga tidak melarang, karena itu hak semua warga, dan untuk mengurus Adminduk dengan dilakukan sendiri, warga tidak perlu pakai surat pengantar dari camat.

“Kalau masih ada warga yang ingin mengurus sendiri langsung ke Dispendukcapil Jember ya tidak apa-apa silahkan saja, kami akan tetap melayani. Yang penting diurus sendiri dan tidak diwakilkan,” tegasnya.

Masih menurut Daryanto, dirinya berpesan pelayanan di masing-masing kantor kecamatan yang telah difungsikan juga harus dipergunakan dengan baik. Karena saat ini proses permohonan Admindukcapil di kecamatan paling lama satu minggu sudah selesai dan diambil oleh masyarakat, dan semuanya Gratis.

“Ini sudah disampaikan berulang kali, tidak perlu khawatir Adminduknya tidak selesai atau tidak jadi, semuanya pasti selesai asalkan prosedurnya benar dan persyaratannya lengkap. Dan semuanya GRATIS, kalau ada pungli laporkan pada kami maka akan segera kami tindak,” bebernya.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus tetap mengedepankan pelayanan prima, baik itu dari petugas Dispendukcapil sendiri.

“Selain tugas kita melayani masyarakat dengan baik, kita juga perlu membuat masyarakat senang dan gembira saat mereka pulang membawa Adminduk yang sudah tercetak,” pungkasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.