Semakin Familiar, Warga Manfaatkan TRS di Rumah Sakit


 

This slideshow requires JavaScript.

Disdukcapil Jember – Warga Jember mulai familiar dengan adanya layanan Tim Rujukan Sosial (TRS) yang bertempat di tiga rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember. Yakni RSD dr. Soebandi, RSD Kalisat, dan RSD Balung.

Program layanan ini merupakan sinergi Disdukcapil bersama Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Dalam program ini, petugas Disdukcapil melayani pembuatan Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Tidak hanya itu, petugas Disdukcapil juga melayani verifikasi dan validasi (verval) data milik warga yang ingin membuat surat penyataan miskin (SPM).

“Tugas Dispenduk di sini adalah verifikasi data penduduk. Untuk bayi yang baru lahir dapat langsung dibuatkan akte kelahiran, KK/KIA. Jika ada warga yang meninggal, pihak RS akan menghubungi kami dan kami akan buatkan akte kematian,” ujar Agus Widjajanto, Amd., Kasubag Kepegawaian mewakili Kepala Disdukcapil Isnaini Dwi Susanti.

Agus berharap program ini akan terus berlanjut karena program ini akan dapat membantu banyak warga, khususnya warga yang kurang mampu.

“Tugas kami adalah untuk melayani warga. Dalam hal ini, warga yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan untuk membayar tagihan rumah sakit,” ujarnya. (*nkn)