Nilai IKM Disdukcapil Jember Meningkat, Komitmen Hadirkan Pelayanan Terbaik

Disdukcapil Jember – Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember mengalami peningkatan pada semester kedua tahun 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (PDIP) Disdukcapil Jember, M. Agus Khusnul Mufid, ST., M.Si., Senin 28 Agustus 2023.

M. Agus Khusnul Mufid menjelaskan, nilai IKM semester kedua tahun 2022 mencapai 89,10.

Nilai ini mengalami kenaikan dari semester pertama tahun 2022 yang sebesar 88,96.

IKM, masih terang M Agus Khusnul Mufid, merupakan alat survei untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Jember.

Terdapat 9 unsur yang dinilai dalam IKM ini. Semua unsur tersebut diwujudkan dalam pertanyaan-pertanyaan yang telah terstandar.

Diantaranya meliputi persyaratan, kemudahan prosedur, kecepatan pelayanan, biaya, kesesuaian produk layanan dengan hasil, kompetensi petugas, sikap petugas, penanganan pengaduan, dan kualitas sarana.

“Nilai itu kita dapatkan dari sampling terhadap sasaran pelayanan pada semester kedua yang lebih dari 29 ribu, sehingga samplingnya 379,” jelas Mufid.

Meski secara keseluruhan nilai sudah baik, namun Kasi PDIP menekankan bahwa aspek sikap dalam memberikan pelayanan dan pengelolaan pengaduan perlu ditingkatkan.

Poin penting meningkatnya nilai IKM ini, masih terang Kasi PDIP, adalah kepedulian terhadap kebahagiaan masyarakat.

Mufid mengungkapkan bahwa kebahagiaan dalam konteks ini merujuk pada perasaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

“Bahagia bukan dalam konteks pencapaian. Capain itu bagi Disdukcapil. Tapi, bagi masyarakat adalah kepedulian, sehingga balasannya adalah kebahagiaan yang sifatnya penghargaan,” tambahnya.

Menjelaskan cara responden mengisi survei, Mufid menjelaskan terdapat sembilan kuesioner yang berisi pertanyaan standar.

Responden diminta memberikan tanggapan seperti Sangat Sesuai, Sesuai, Kurang Sesuai, atau Tidak Sesuai.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan yang lebih spontan dan alami dari masyarakat terkait pengalaman mereka dalam menggunakan layanan Disdukcapil Jember.

Mufid menyampaikan, nilai IKM semester kedua tahun 2022 ini menjadi cermin komitmen Disdukcapil Jember dalam terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan nilai IKM yang semakin baik, diharapkan kepuasan dan kebahagiaan masyarakat terhadap pelayanan publik akan terus meningkat pula.

Mufid juga berbicara tentang pentingnya spiritualitas dalam pekerjaan. Ia menyatakan bahwa keberhasilan dalam memberikan layanan yang baik tidak hanya berkaitan dengan tugas yang dijalankan.

Tetapi juga tentang makna dan niat di balik pekerjaan tersebut.

“Ketika kita menanamkan nilai spiritualitas itu, maka akan muncul produktivitas yang luar biasa. Produktifitas tanpa batas muncul dari satu semangat, satu upaya, dan satu tanggung jawab terhadap pekerjaan,” paparnya. (*nkn)