Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Sosialisasikan “GISA”, Dispenduk Buka Layanan Pada Peringatan Hari Lansia

Dispendukcapil Jember — Sekitar 1.300 orang dari Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PERPENCA) Jember kembali diundang oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., untuk menghadiri peringatan hari lansia, Sabtu (30/7/2018) mulai pukul 06.00 hingga selesai di Alun Alun Kabupaten Jember.

Ada sekitar 300 orang penyandang disabilitas yang mendapatkan layanan adminduk dan diserahkan langsung oleh Bupati Jember.

Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati, dalam acara itu menjelaskan bahwa ada total 171 pelayanan yang di lakukan kepada para lansia yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Ada total 171 Pelayanan yang kami lakukan dari 8 layanan yang kami buka, antara lain Perekaman, Cetak Suket, Cetak KTP-el, Cetak KK, Cetak KIA, dan Cetak Akta Lahir”.

Masyarakat yang hadir mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab dan Dispendukcapil Jember ini, salah satu pujian di ungkapkan oleh Ismi Hidayanti, warga desa Biting Arjasa tersebut merasa sangat di prioritaskan oleh Dispendukcapil saat akan merevisi KTP-elektronik.

“Sungguh Luar Biasa Pelayanan yang dilakukan oleh Dispendukcapil ini, berkat mereka juga segala kelengkapan dokumen kependudukan saya sangat dimudahkan dalam pengurusannya” tutur Penyandang cacat kaki tersebut dengan raut wajah bahagia.

Sri Wahyuniati menambahkan bahwa untuk masyarakat Difabel akan selalu di prioritaskan dalam mengurusi Adminduk. Dirinya juga tegas menyampaikan pelanan untuk para difabel ini, harus selalu di prioritaskan dalam segala hal.

“Mengingat kekurangan fisik nya yang menyebabkan kelemahan fisik tertentu pada dirinya,” ujarnya.

Yuni berharap agar Dispendukcapil Jember dapat terus bersinergi dengan Dinsos, Dinkes, Kecamatan serta Desa/Kelurahan dalam rangka Tuntasnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi penyandang difabel di Kabupaten Jember.

“Selanjutnya kami juga melaporkan kegiatan dimaksud kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri di Jakarta dalam rangka terwujudnya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kabupaten Jember,” Pungkasnya.

Sebelumnya, keluarga disabilitas itu juga sempat hadir di Pendopo yang di undang oleh Bupati Jember dalam acara halal bihalal. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.