Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Layanan On The Spot Dispendukcapil di Millennial Road Safety Festival 2019

Dispendukcapil Jember — Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember turut hadir dan memberikan layanan admindukcapil langsung dalam pelaksanaan Millenial Road Safety Festival 2019, hari Minggu (24/02/2019) kemarin di Alun-alun kabupaten Jember, bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas, Kepolisian Resort Jember.

Sekretaris Dinas (Sekdin), Daryanto menyampaikan bahwa sinergi yang dilaksanakan dalam acara tersebut merupakan wujud kepedulian Dispendukcapil Jember dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan terhadap Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Kami membuka 4 pelayanan pada saat on the spot berlangsung, yakni perekaman KTP-el, cetak KK, cetak Akta Kelahiran serta cetak KIA. Seluruh masyarakat yang kebetulan membawa persyaratan lengkap atau memang hendak mengurus adminduk langsung datang dan kami layani,” paparnya.

Masih menurut Daryanto, dirinya menjelaskan bahwa sejak dibuka pukul 06.00 hingga acara selesai, antusias masyarakat yang mengurus adminduk di pelayanan jemput bola ini lumayan bagus.

“Ada 42 masyarakat yang kami layani kemarin, terdiri dari Perekaman KTP-el, KIA, Akta Lahir dan KK, semuanya kami layani dengan baik tanpa ada kendala,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Daryanto juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kemarin, masyarakat juga diberikan sosialisasi tentang Penggunaan Aplikasi SIP. Menurutnya, dengan menggunakan Aplikasi SIP, masyarakat dapat lebih mudah menjangkau Dispendukcapil Jember tanpa harus datang antri ke Dispendukcapil Jember.

Sementara itu Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Sartini menegaskan bahwa seluruh pelayanan Admindukcapil yang dilakukan, terutama dalam kegiatan On The Spot tersebut gratis tidak dipungut biaya.

“Jadi semuanya gratis tidak dipungut biaya. Kami berharap agar masyarakat sekitar lingkungan kabupaten Jember, terutama di kota bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan serupa mendatang dan mendukung seluruh program Dispendukcapil Jember. Caranya seperti apa? Ya cukup dengan hanya Sadar Adminduk saja,” pungkasnya. [*]

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.