Dispendukcapil Turut Serta dalam Launching Kampung Durian Pakis

This slideshow requires JavaScript.

Dispendukcapil Jember — Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., melakukan launching Kampung Durian dan Penyerahan Sharing Produksi Kayu & non Kayu di Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kamis (21/03/2019) pagi.

Bupati Faida mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperkuat jumlah destinasi Wisata yang ada di kabupaten Jember dan dikelola langsung oleh Perusahaan Umum Perhutani.

“Begitu banyak masyarakat Jember yang menanam Durian, untuk itulah kampung ini diresmikan sebagai sentra produksi dan tempat pengolahan Durian. Karena harga Durian dianggap bisa menyejahterakan masyarakat, terutama di wilayah kampung Durian Pakis ini,” papar Faida usai melaunching Kampung Durian.

Bupati Faida juga menyampaikan jika kampung Durian ini nantinya akan menjadi destinasi wisata edukasi, yang akan dipergunakan untuk meng edukasi anak-anak hingga remaja mengenai tata cara menanam dan merawat pohon Durian.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Jember, Dra. Sartini, MM., mengatakan bahwa Dispendukcapil Jember akan sepenuhnya mendukung seluruh program Pemkab Jember, termasuk mendukung program di bidang pariwisata.

“Kampung durian ini merupakan destinasi wisata yang menarik di kabupaten Jember, karena selain sebagai tempat berwisata, kampung ini juga bisa menjadi alat untuk mengedukasi masyarakat mengenai durian. Untuk itu, ya kami pasti selalu mendukung seluruh program pemkab Jember,” paparnya.

Tidak hanya itu, pihak Dispendukcapil Jember yang juga menggelar kegiatan pelayanan on the spot saat pelaksanaan launching kampung Durian ini juga turut menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat agar melengkapi kebutuhan Administrasi Kependudukan nya masing-masing, terutama untuk masyarakat desa Pakis, Panti.

“Desa Pakis ini memang cukup jauh dari pusat kota, tapi hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melengkapi Adminduknya. Jika masyarakat bisa sejahtera karena Durian, alangkah lebih sejahtera lagi jika seluruh Adminduk nya terlengkapi,” pungkas Sartini. [*]