Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Manfaatkan Layanan di Kecamatan, Jangan Khawatir Tidak Mendapatkan Admindukcapil

Dispendukcapil Jember —  Sejumlah warga yang masih banyak mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember (Jl. Jawa No. 18), Selasa (4/12/2018) merupakan bukti bahwa Antusias warga Jember dalam kesadaran tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) sangat Tinggi.

Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Sartini menyampaikan bahwa hal tersebut adalah keinginan masyarakat sendiri dalam mendapatkan pelayanan cepat serta langsung jadi atau pelayanan SEMEDI (Secepat-cepatnya mesti Jadi).

“Pelayanan di Dispendukcapil Jember memang langsung jadi bahkan hanya dalam hitungan menit saja, itu yang menyebabkan masyarakat lebih memilih pelayanan langsung disini. Dan itu merupakan hak masyarakat sendiri dalam memilih bentuk pelayanan yang diinginkan,” kata Sartini.

Namun demikian kepada masyarakat agar juga dapat memanfaatkan layanan di tempat yang lainnya, misalnya salah satunya di kantor kecamatan setempat.

“Semua pelayanan sama, sama-sama pasti mendapatkan adminduknya jika seluruh persyaratannya valid. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tidak mendapatkan dokumen yang diinginkan, semuanya pasti dapat, dengan berbagai macam bentuk pelayanan yang telah kami berikan,” paparnya.

Sementara itu menurut beberapa camat di kabupaten Jember yang sempat dikonfirmasi, menyampaikan bahwa pelayanan di masing-masing kecamatan sudah berjalan dengan baik dan lancar. Menurut camat Ledokombo, Jono mengatakan bahwa layanan di kecamatannya saat ini sudah berjalan dengan baik dan masyarakat sudah banyak yang mengerti.

Tidak hanya Jono, ungkapan senada juga disampaikan oleh Camat Kaliwates, Gatot, yang mengatakan bahwa pelayanan Adminduk di kecamatannya sudah mencapai lebih dari 200 pengajuan Adminduk sejak awal dibuka.

“Saya berharap masyarakat juga mampu memanfaatkan layanan di kecamatan ini, jadi masyarakat tidak perlu repot-repot antri di Dispendukcapil Jember,” beber Gatot.

Dirinya menambahkan agar masyarakat tidak perlu khawatir tentang adanya pungli, ia meyakinkan masyarakat bahwa layanan di kecamatan 100% benar-benar Gratis dan tidak dipungut biaya.

“Tidak perlu takut dipungut biaya, pelayanan di kantor kecamatan ini juga sama dengan di Dispendukcapil Jember. Jika ada oknum kecamatan yang kedapatan melakukan pungli juga pasti akan kami tindak dengan tegas,” pungkasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.