Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Layanan Prioritas dan Cepat, Ini Kategorinya

 

Dispendukcapil Jember — Satu langkah terobosan baru untuk menyelesaikan dan mengembangkan tingkat pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember.

Saat ini, telah membuka layanan prioritas dan memberikan kemudahan bagi warga yang sudah lanjut usia (lansia), ibu hamil, ibu membawa bayi/menyusui, ibu membawa balita serta penyandang disabilitas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati Rabu (5/9) di ruang kerjanya.

“Saat ini petugas kami di lapangan memang mengutamakan warga yang sudah lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan penyandang disabilitas yang dilihat dari kondisi dirinya. Jadi, setiap ada warga yang seperti itu, pasti petugas kami langsung mendahulukannnya baik pengambilan adminduk ataupun pengurusannya tanpa ikut antri,” terangnya.

Yuni juga menyampaikan, bahwa pengurusan dan pengambilan Adminduk, bagi seluruh yang terlibat dalam layanan prioritas tersebut merupakan bentuk kepedulian Dispendukcapil Jember terhadap warganya.

“Kalau mereka mengikuti antrian normal, kan kasian. Memang perlu kita dahulukan,” ujarnya.

Layanan prioritas tersebut, sudah dibuka sejak tanggal 1 September 2018 bersamaan dengan penambahan jam pelayanan di Dispendukcapil Jember, terhitung sudah ada 30 warga yang terlayani dalam layanan prioritas itu.

Tentu, warga yang mengikuti layanan tersebut, mengaku senang. Selain tidak perlu lagi antri di loket ataupun di loket pengambilan.

“Sudah disediakan tempat di dalam, agar kami tidak kepanasan dan tidak perlu antri lagi,” ujar Rukyah salah satu ibu membawa balita saat diberikan layanan prioritas.

Diakuinya, bahwa dengan adanya layanan ini, seluruh warga yang tergolong dalam skala prioritas pastinya merasa sangat senang.

“Terima kasih banyak kepada Dispendukcapil Jember yang telah berkenan memberi layanan prioritas ini apalagi layanan ini Gratis, kami merasa sangat senang sekali dan puas dengan pelayanannya,” tutur Rukyah dengan senang.

Kedepannya, Rukyah berharap Dispendukcapil Jember dapat terus mengembangkan layanan-layanan semacamnya yang bisa membuat warga Jember merasa lebih puas lagi.

“Semangat terus untuk Dispendukcapil Jember, terus berbenah demi kepentingan seluruh masyarakat Jember,” pungkasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.