Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Layanan GISA dan SEMEDI, Simak Penjelasan Berikut !

Dispendukcapil Jember — Wakil Bupati Jember, Drs. KH Abdul Muqit Arief mengatakan, bahwa seiring diadakannya Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) serta pelayanan SEMEDI (Secepat-cepatnya mesti jadi) membuat masyarakat Jember berbondong-bondong mengurusi Adminduk mereka.

“Rata-rata per hari, layanan Adminduk di Kantor Dispendukcapil mencapai lebih dari 1.500 orang untuk semua layanan,” terang Kyai Muqit saat di Wawancara usai Rapat Paripurna di kantor DPRD Jember, Rabu (17/10/2018).

Kata Wabup, Pemkab Jember semua bisa menjawab keluhan masyarakat, mulai dari jumlah pelayanan, waktu pelayanan, juga program pelayanan. Jumlah pelayanan itu meliputi 10 jenis Adminduk, dengan jumlah layanan per hari rata-rata 1.500 orang. Layanan yang dilakukan di Kantor Dispendukcapil Jl Jawa, juga dilakukan di Galeri Dispendukcapil Roxy Mall.

Kyai Muqit juga menyebut, kalau layanan itu rata-rata hanya dilakukan antara 2 menit sampai 12 menit, tergantung jenis Adminduk yang diurusi. “Dengan catatan syarat dan ketetuannya harus lengkap,” tambahnya.

Masih menurut dia, bahwa Dispendukcapil Jember akan selalu memakai slogan Semedi alias Secepat-cepatnya.

“Pasti Jadi dan masyarakat juga akan dilayani dengan adminduk yang langsung jadi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati, S.H, M.Si, menyampaikan bahwa banyaknya jumlah antrian masyarakat yang mengurusi Adminduk di Dispendukcapil bukan disebabkan oleh penanganan yang lelet, melainkan dari kesadaran dan semangat masyarakat Jember untuk melengkapi Adminduknya yang sangat tinggi.

“Kami salut dengan antusias masyarakat Jember untuk mengurus Adminduk yang sangat luar biasa besar. Karenanya kami himbau untuk selalu tertib dalam mengantri,” tutur Yuni.

Dirinya juga menambahkan, jika masyarakat ingin lebih mudah dan cepat tanpa repot-repot antri, bisa mengurus Adminduknya melalui aplikasi SIP yang bisa diunduh secara Gratis di Google Playstore.

“Segala macam pengurusan bisa dilakukan pada aplikasi ini, kecuali perekaman e-ktp,” terangnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, demi Pelayanan untuk masyarakat, Dispendukcapil Jember selalu mengupayakan secara maksimal, dan memberikan pelayanan secara cepat serta bebas Pungli alias GRATIS. [*]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.