Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Layanan Antar Adminduk Hingga ke Rumah Warga Melalui Pendopo Express

Dispendukcapil Jember — Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., hari ini melepas Tim Pendopo Express sebagai upaya inovasi pelayanan Pemkab Jember yang akan mengantar dokumen adminduk ke rumah-rumah warga sebagai upaya peningkatan pelayanan Masyarakat.

“Upaya Pendopo Express ini adalah upaya bupati dan wakil bupati untuk mendekatkan pelayanan langsung kepada masyarakat,” terang Bupati Faida dalam sambutannya di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin (11/02/2019) pagi.

Sedikitnya 45 personel Pendopo Express diberangkatkan dari pendopo, Senin 11 Februari 2019 pagi. Hadir pula sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Jember termasuk Plt. Kepala Dispendukcapil Jember, Sartini.

Bupati Faida menjelaskan, Pemkab Jember juga akan bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Jember. Tujuannya, memberikan pelayanan perbaikan data dokumen adminduk milik warga terutama dokumen Pencatatan Sipil.

“Kerjasama ini melengkapi kerjasama sebelumnya dengan Pengadilan Agama Jember, terkait isbat nikah bagi warga yang belum mempunyai dokumen perkawinan atau nikahnya belum sah secara hukum,” papar Bupati Faida.

Tim Pendopo Express yang diberangkatkan mengantar setidaknya 9.416 dokumen admindukcapil, mulai dari KTP, KK, akte kelahiran, hingga KIA.

Bupati menyampaikan bahwa Warga tidak perlu memberikan uang kepada kurir yang memang ditugaskan oleh Pemkab ini. Sebab mereka telah dibekali dengan surat tugas dan uang transport. Personel Pendopo Express pun tidak diperkenankan untuk menarik pungutan liar kepada warga.

Kedepan, bupati berharap pelayanan adminduk ini semakin di minati oleh warga Jember. Selain menggunakan pelayanan lain seperti Aplikasi SIP, Galeri Roxy, atau pelayanan Semedi di Dispenduk Jember, pelayanan Pendopo Ekspres ini bisa lebih efisien dan bahkan cepat sampai di rumah warga secara langsung.

“Melalui pendopo ekspres ini, kami berharap masyarakat Jember mampu memanfaatkan pelayanan yang sudah kami berikan sepenuh hati ini. Selain pelayanan langsung dari Dispendukcapil Jember, program pendopo ekspres ini juga merupakan program unggulan bupati,” pungkas Bupati Faida. [*]

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.