Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Langsung Cetak, Layanan Permohonan KIA di Sekolah

Dispendukcapil Jember — Selain mengajukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) secara kolektif, sekolah-sekolah jenjang PAUD, TK, SD, dan SLTP juga bisa mengajukan permohonan pembuatan KIA secara langsung di sekolah dengan sistem layanan cetak di tempat atau biasa dikenal dengan Semedi (Secepat-cepatnya mesti jadi).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Yhoni Restian, rabu, (24/07/2019) siang.

Dirinya menjelaskan jika sekolah-sekolah tersebut nantinya akan didatangi oleh pihak Dispendukcapil Jember untuk dilayani keperluan Adminduk siswanya berupa KIA, dengan catatan bagi sekolah yang telah mengajukan.

“Ini merupakan layanan baru dari kami, jadi nanti kami akan datangi sekolah-sekolah yang sudah mengajukan tersebut, untuk kemudian dilakukan pelayanan cetak KIA secara langsung dan langsung diberikan pada siswa atau guru nya,” jelas Yhoni.

Dirinya menjelaskan bahwa, prosedurnya adalah pihak sekolah membuat surat permohonan cetak KIA secara langsung di sekolah nya, dan langsung dikirimkan kepada Dispendukcapil Jember, untuk kemudian di verifikasi ulang oleh Dispendukcapil Jember.

“Prosedurnya simpel, pihak sekolah cukup membuat surat permohonan atau pengajuan layanan cetak KIA di sekolahnya, lalu nanti akan kami verifikasi ulang, setelah di ACC barulah kami akan menentukan jadwal dan mendatangi sekolah yang bersangkutan,” paparnya.

Sementara untuk persyaratan pembuatan KIA yang harus dipenuhi sama hal nya dengan persyaratan KIA pada umumnya.

“Secara prosedural ya persyaratannya sama saja dengan permohonan KIA pada umumnya, tapi nanti secara teknisnya, itu bisa pihak sekolah yang mengatur siswa-siswi nya,” pungkasnya. [*]

 

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.