Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Inovasi Layanan Admindukcapil di Kecamatan Rambipuji

Dispendukcapil Jember — Pemerintah Kabupaten Jember melalui Kantor Kecamatan Rambipuji terus melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat, terutama di sektor pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Hal tersebut nampak saat tim Website Dispendukcapil Jember menemui Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Rambipuji, Ponco pada Rabu (03/07/2019) siang tadi.

Ponco mengungkapkan bahwa pelayanan publik (publik service) merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan secara detail.

“Karena ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat umum, ya sebisa mungkin kita memberi pelayanan yang terbaik secara maksimal kepada masyarakat,” paparnya.

Pihaknya bahkan menambahkan layar monitor yang berisi video-video sosialisasi Adminduk di ruang tunggu pelayanan Umum atau tepat berada di atas loket pelayanan umum.

“Kami sengaja ambil beberapa video sosialisasi dari website resmi Dispendukcapil Jember untuk ditampilkan di layar monitot itu. Ya supaya masyarakat awam juga lebih paham mengenai segala hal tentang pelayanan terutama Adminduk ini,” jelasnya.

Pihaknya juga mendesain ruang tunggu pelayanan tersebut senyaman mungkin untuk masyarakat, mengingat kenyamanan saat mengantri juga dibutuhkan.

“Kami mendesain ruang tunggu ini sebaik mungkin, yang penting masyarakat itu merasa nyaman saat menunggu antrian, ya hampir-hampir mirip ruang tunggu di bank gitu,” ulasnya.

Sementara itu, menurut Yanti yang merupakan salah satu warga asal desa Rambipuji mengaku senang pada pelayanan yang diberikan dengan sepenuh hati oleh pihak kecamatan Rambipuji itu.

“Yaa saya mengurus KK disini merasa senang, selain nyaman juga petugasnya cukup ramah. Dijanjikan 10 hari selesai, ya bagi saya itu sudah cepat kok dan yang utama semua jenis pelayanan ini diberikan tanpa pungutan alias gratis,” paparnya.

Menurutnya, pelayanan-pelayanan seperti ini perlu dikembangkan juga oleh kecamatan lainnya, agar masyarakat juga bisa merasa nyaman ketika sedang mengurus Adminduk. [*]

 

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.