Home FAQ Aplikasi SIP

FAQ Aplikasi SIP

Apa yang di maksud Aplikasi SIP ?

Aplikasi SIP (Sistem Informasi Pelayanan) adalah Sebuah produk sistem layanan Dispendukcapil Jember secara semi online berbasis aplikasi website dan berbasis aplikasi android.

title=”Layanan Apa Sajakah yang bisa didapatkan ?” style=”simple” color=”blue” size=”lg” css_animation=”none” custom_font_container=”tag:h4|text_align:left|color:%231e73be” custom_google_fonts=”font_family:Montserrat%3Aregular%2C700|font_style:700%20bold%20regular%3A700%3Anormal” use_custom_heading=”true”]Terdapat 12 Layanan online diantaranya:

  1. Permohonan Pembuatan akte kelahiran,
  2. Permohonan Pembuatan akta kematian,
  3. Permhonanan Cetak KTP Baru,
  4. Pengajuan KTP El hilang/Rusak,
  5. Permohonan Pencetakan Surat Ketrangan Perekaman KTP,
  6. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk bayi lahir,
  7. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk Baru Nikah (Pecah KK)
  8. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk Penambahan Anggota Keluarga
  9. Permohonan Pencetakan KK Hilang/Rusak
  10. Permohonan Pembuatan/Pencetakan KIA
  11. Permohonan Pelaporan Pindah Datang.
  12. Pengaduan/Bantuan

Dimana Aplikasi ini Bisa Didapatkan ?

Aplikasi ini bisa di dapatkan di Google Play Store dengan Ketik “SIP Dispendukcapil Jember” atau juga dapat di akses di Web Browser Smartphone atau Desktop (Laptop/PC), dengan mengetikkan Url, http://dispendukcapil.jemberkab.go.id/sipp/

Setelah Berhasil Download atau Mengakses Aplikasi, apa yang harus dilakukan ?

Langkah pertama harus registrasi akun/pendaftaran akun, dengan pilih menu register, lengkapi form yang ada ketik dengan benar terutama email, pastikan email yang digunakan adalah benar benar aktif dan bisa digunakan. selengkapnya terkait dengan registrasi dapat disimak video tutorial berikut:

title=”Sudah Registrasi, Namun Tidak Menerima Email Password ?” style=”simple” color=”blue” size=”lg” css_animation=”none” custom_font_container=”tag:h4|text_align:left|color:%231e73be” custom_google_fonts=”font_family:Montserrat%3Aregular%2C700|font_style:700%20bold%20regular%3A700%3Anormal” use_custom_heading=”true”]Tidak mendapat email password biasanya disebabkan terdapat kesalahan pengetikan alamat email sehingga sistem tidak dapat mengirimkan ke alamat email yang diketik pada form registrasi. Solusinya Klik tombol pusat bantuan, guna mendapatkan bantuan teknis dari permasalah ini.

Pengetikan Email sudah benar, namun tidak mendapatkan Email Password

Terkait dengan hal tersebut biasanya pada saat registrasi belum berhasil atau gagal upload, karena koneksi terputus atau faktor lainya, sehingga lakukanlah registrasi ulang, atau klik tombol lupa password untuk mendapatkan password baru. Atau Solusi lainnya klik tombol pusat bantuan, guna mendapatkan bantuan teknis dari permasalahan ini.

Apa yang di maksud dengan Lupa Password ?

Tombol Lupa password bisa digunakan, saat akan login namun anda tidak ingat password yang harus anda gunakan, atau password yang terkirim di email terhapus, atau sudah registrasi namun belum dapat password padahal pengetikan email sudah benar. Gunakan tombol/fitur Lupa Password untuk mendapatkan password baru yang kemudian secara otomatis akan terkirim ke alamat email aktif anda.

Bagaimana jika saat registrasi, alamat email yang di masukkan keliru atau Email yang digunakan tidak aktif atau Email yang di gunakan ternyata tidak bisa dibuka ?

Aplikasi ini dikembangakn dengan email sebagai alat perantara menyampaikan informasi/notifikasi, jika terjadi kendala tersebut, jangan panik, adukan ke tim teknis kami, dengan menekan tombol pusat bantuan, dan email dapat dirubah seusai dengan email anda yang aktif, benar dan bisa anda buka.

Bagaimana jika saya tidak punya email ?

Jika tidak memiliki email, maka kami rekomendasikan untuk membuat email. Buat email Gmail untuk mempermudah dalam penerimaan notifikasi dari aplikasi.

Sudah menerima password di email, tapi tidak bisa login, apa yang harus dilakukan ?

Jika sudah menrima email namun tidak bisa digunakan untuk login/sign in, maka klik tombol lupa password untuk mendapatkan password baru atau klik tombol pusat bantuan guna mendapatkan solusi atas permasalahan ini.

Setelah berhasil Login, Apa yang harus dilakukan ?

Setelah berhasil login, anda dapat langsung melakukan permohnan online, namun kami meghimbau untuk melengkapi profil dan merubah password dengan kata yang sangat familir dan mudah anda diingat.

Mengapa saat melengkapi profil dan merubah password, data tidak tersimpan, kembali seperti semula ?

Hal tersebut disebabkan karena gagal upload data/file, terutama file/photo ktp, foto KK dan foto profil. kami rekomednasikan file/photo tidak lebih dari 1 MB, atau gunakan ukuran 100-500Kb guna memperlancar proses upload dengan jenis file Jpeg atau jpg.

Apa dan Mengapa terjadi gagal upload ?

Gagal Uplaod adalah peristiwa dimana proses upload file/data tidak dapat diterima oleh server, hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, beberapa yang sering terjadi diantaranya;

  1. File/Photo berkas terlampau besar, kami rekomendasikan tidak lebih dari 1 Mb atau gunakan ukuran 100-500 Kb
  2. Koneksi Internet, kami rekomendasikan Koneksi data internet berjenis 4G atau menggunakan penyedia layanan internet kabel atau Wifi.

Apa yang dimaksud Form Registrasi yang terdapat pada setiap menu layanan ?

Ya Benar., setelah anda berhasil login, maka anda dapat melakukan permohonan dengan memilih permohonan layanan sesuai dengan kebutuhan anda. Pilih form registrasi, pada form registrasi ini lah anda dapat mengajukan permohonan dan melengkapi berkas persayaratan.

Apa yang dimaksud dengan Data Pengajuan yang terdapat pada setiap menu layanan ?

Data Pengajuan adalah merupakan kumpulan dari data pengajuan yanga anda lakukan pada setiap permohonan, ini juga dapat mengetahui status pengajuan/permohonan anda.

Mengapa saat telah melakukan registrasi permohon, semua persyaratan telah dilengkapi dan pada saat klik tombol registrasi tampilannya kembali kosong dan tidak ada notifikasi berhasil ?

Hal tersebut terjadi dikarenakan gagal upload, gagal upload disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya

  1. File/Photo berkas terlampau besar, kami rekomendasikan tidak lebih dari 1 Mb atau gunakan ukuran 100-500 Kb
  2. Koneksi Internet, kami rekomendasikan Koneksi data internet berjenis minimal 4G atau menggunakan penyedia layanan internet kabel atau Wifi.

Setalah berhasil melakukan registrasi, permohonan dan ada notifikasi berhasil registrasi permohonan, apa yang harus dilakukan ?

Lakukan Pemantau pengajuan permohonan anda, melalui aplikasi pada menu data pengajuan pada permohonan tersebut, pada tabel di kolom paling kanan terdapat status permohonan, apakah menunggu, proses, di tolak, atau selesai.

Status permohonan juga dapat di pantau lewat email, pada sisi admin akan mengupdate status permohonan, setiap status di update oleh admin, anda akan mendapatkan email notifikasi terkait dengan permohonan layanan anda. Selengkapnya simak video berikut :

title=”Apa yang dimaksud dengan status permohoan menunggu admin ?” style=”simple” color=”blue” size=”lg” css_animation=”none” custom_font_container=”tag:h4|text_align:left|color:%231e73be” custom_google_fonts=”font_family:Montserrat%3Aregular%2C700|font_style:700%20bold%20regular%3A700%3Anormal” use_custom_heading=”true”]Status permohonan dimana permohonan telah masuk ke sistem, namun oleh admin belum ditindaklanjuti, masih menunggu antrian dari permohonan lainya. Disini anda hanya perlu menunggu status berikutnya.

Apa yang dimaksud dengan status permohoan sedang proses ?

Status permohonan yang telah di periksa oleh admin dan dinaikkan ke proses pencetakan, proses ini bisa berlanjut ke proses selesai dan proses dibatalkan, proses dapat dibatalkan karena beberapa faktor tertentu, misal: data pernah di cetak, data tidak valid/tidak lengkap, dll. Disini anda hanya perlu menunggu status berikutnya.

Apa yang dimaksud dengan status permohoan ditolak ?

Permohonan ditolak adalah permohonan yang tidak dapat dilanjutkan lagi, dikarena beberapa hal tertentu, misal: permohonan tidak sesuai dengan layanan, berkas/syarat yang di upload tidak sesuai, berkas/syarat yang di upload tidak terlihat dengan jelas, permohonan telah pernah diajukan (double), permohona pernah di cetak. dll.

Apa yang harus dilakukan, saat permohonan ditolak ?

Saat permohonan anda di tolak, maka admin juga akan meberitahukan, baik lewat aplikasi maupun notifikasi otomatis lewat email, Nah didalamnya telah terdapat solusi yang disampaikan oleh admin, lakukan seusai petunjuk admin.

Apa yang dimaksud permohonan telah selesai ?

permohonan yang telah selesai diproses dan dicetak oleh admin. Sehingga anda langsung dapat mengambil di Kantor dispendukcapil jl. jawa 18 jember di teras gedung sebelah kanan dari luar. Tidak perlu masuk ke ruang layanan utama dan tidak mengambil nomor antrian.

VIDEO GRAFIS APLIKASI SIP

BERITA TERBARU