Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

FAQ Aplikasi SIP

Aplikasi SIP (Sistem Informasi Pelayanan) adalah Sebuah produk sistem layanan Dispendukcapil Jember secara semi online berbasis aplikasi website dan berbasis aplikasi android.

Aplikasi ini bisa di dapatkan di Google Play Store dengan Ketik “SIP Dispendukcapil Jember” atau juga dapat di akses di Web Browser Smartphone atau Desktop (Laptop/PC), dengan mengetikkan Url, http://dispendukcapil.jemberkab.go.id/sipp/

Terdapat 12 Layanan online diantaranya:
1. Permohonan Pembuatan akte kelahiran,
2. Permohonan Pembuatan akta kematian,
3. Permhonanan Cetak KTP Baru,
4. Pengajuan KTP El hilang/Rusak,
5. Permohonan Pencetakan Surat Ketrangan Perekaman KTP,
6. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk bayi lahir,
7. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk Baru Nikah (Pecah KK)
8. Permohonan Pencetakan KK Baru untuk Penambahan Anggota Keluarga
9. Permohonan Pencetakan KK Hilang/Rusak
10. Permohonan Pembuatan/Pencetakan KIA
11. Permohonan Pelaporan Pindah Datang.
12. Pengaduan/Bantuan

Langkah pertama harus registrasi akun/pendaftaran akun, dengan pilih menu register, lengkapi form yang ada ketik dengan benar terutama email, pastikan email yang digunakan adalah benar benar aktif dan bisa digunakan. selengkapnya terkait dengan registrasi dapat disimak video tutorial berikut:

Tidak mendapat email password biasanya disebabkan terdapat kesalahan pengetikan alamat email sehingga siste secara otomatis akan mengirimkan ke alamat email yang diketik pada form regsitrasi

Terkait dengan hal tersebut biasanya pada saat registrasi belum berhasil atau gagal upload, karena koneksi terputus atau faktor lainya, sehingga lakukanlah registrasi ulang, atau klik tombol lupa password untuk mendapatkan password baru atau klik tombol pusat bantuan.

Tombol Lupa password bisa digunkan saat anda lupa akan password anda, password yang terkirim di email terhapus, atau sudah registrasi namun belum dapat password apdahal pengetikan email sudah benar. Sehingga akan mendapatkan password baru yang akan secara otomatis terkirim ke alamat email aktif

Aplikasi ini dikembangakn dengan email sebagai alat perantara menyampaikan informasi, jika terjadi kendala tersebut, jangan panik, adukan ke admin dengan menekan tombol psuat bantuan, dan email dapat dirubah seusai dengan email anda yang aktif, benar dan bisa anda buka.

Jika tidak memiliki email, maka kami rekomendasikan untuk membuat email.

Jika sudah menrima email namun tidak bisa di gunakan untuk login/sign in, maka klik tombol lupa password untuk mendapatkan password baru atau klik tombol pusat bantuan.

Setelah berhaisl login sebanrnya anda bisa langsung dapat melakukan permohnan online, namun kami meghimbau untuk melengkapi profil dan merubah password dengan kata yang sangat familir dan mudah anda diingat.

hal tersebut disebabkan karena gagal upload data/file, terutama file/photo ktp, foto KK dan foto profil. kami rekomednasikan file/photo tidak lebih dari 1 MB, atau gunakan ukuran 100-500Kb guna memperlancar proses upload.

Gagal Uplaod adlah sebuah peristiwa dimana proses upload file/data tidak dapat diterima oleh server, hal ini disebabkan oleh beberap faktor, diantaranya;
1. File/Photo berkas terlampau besar, kami rekomendasikan tidak lebih dari 1 Mb atau gunakan ukuran 100-500 Kb
2. Koneksi Internet, kami rekomendasikan Koneksi data internet berjenis 4G atau menggunakan penyedia layanan internet kabel atau Wifi.

Ya, setelah anda berhasil login, maka anda dapat melakukan permohonan dengan pilih salah satu permohonan layanan, dan pilih form registrasi, pada form registrasi ini lah anda dapat mengajukan permohonan dan melengkapi berkas persayaratan

Data Pengajuan adalah merupakan kumpulan dari data pengajuan anda di setiap permohonan, anda dapat melakukan chek di menu data pengajuan ini guna mengetahui berapa pngajuan yang tlah anda lakukan dan status pengajuan/permohonan anda.

Hal tersebut terjadi dikarenakan gagal upload, gagal upload disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya
1. File/Photo berkas terlampau besar, kami rekomendasikan tidak lebih dari 1 Mb atau gunakan ukuran 100-500 Kb
2. Koneksi Internet, kami rekomendasikan Koneksi data internet berjenis 4G atau menggunakan penyedia layanan internet kabel atau Wifi.

Pantau terus pengajuan permohonan anda, melalui aplikasi pada menu data pengajuan ada permhonan tersebut, pada kolom paling kanan terdapat status permohonan, apakah menunggu, proses, di tolak, atau selesai.
status permohonan juga dapat di pantau lewat email, admin akan mengupdate status permohonan, setiap status di update oleh admin, anda akan mendapatkan email notifikasi terkait dengan permohonan layanan anda.
Selengkapnya simak video berikut

Status permohonan dimana permohonan telah masuk ke sistem, namun oelh admin belum ditindaklanjuti, masih menunggu antrian dari permohonan lainya.
Disini anda hanya perlu menunggu status berikutnya

Status permohonan yang telah di periksa oleh admin dan dinaikkan ke proses pencetakan, proses ini bisa berlanjut ke proses selesai dan proses dibatalkan, proses dapat dibatalkan karena beberapa faktor tertentu, misal: data pernah di cetak, data tidak valid/tidak lengkap, dll.
Disini anda hanya perlu menunggu status berikutnya

Permohonan di tolak adalah permohonan yang tidak dapat dilanjutkan lagi, dikarena beberapa hal tertentu, misal: permohonan tidak sesuai dengan layanan, syarat yang di upload tidak sesuai, permohonan telah pernah diajukan (double), permohona ernah di cetak. dll

Saat permohonan anda di tolak, maka admin juga akn meberitahukan, baik lewat aplikasi maupun notifikasi otomatis lewat email, Nah didalmnya telah terdpat solusi yang disampaikan oleh admin, lakukan seusai petunjuk admin.

Pemrohona yang telah selsai di proses dan dicetak oleh admin, anda langsung dapat mengambil di Kantor dispendukcapil jl. jawa 18 jember melalui pintu samping, tidak perlu meambil nomor antrian,