Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Berikut Manfaat dari Akta Kematian

Dispendukcapil Jember — Kepala Seksi Pencatatan Sipil Dispendukcapil Jember, Amirulloh mengatakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kerabat yang telah meninggal dunia mendapatkan dokumen Akta Kematian.

“Selain untuk data atau sensus pemerintah, mengurus akta kematian ini juga memiliki manfaat untuk orang atau kerabat yang ditinggal, dan menjaga-jaga agar data Almarhum/ah tidak disalah gunakan,” terang Amir.


Baca Juga: Mengurus Surat Kematian Sangat Mudah, Begini Caranya !


Dan berikut merupakan beberapa manfaat yang didapatkan oleh Almarhum ketika memiliki Akta Kematian:

1. Mencegah data Almarhum disalah gunakan.

Dengan mengurus akta kematian, Anda membantu orang yang Anda cintai agar datanya tidak dapat disalah gunakan. Apalagi jika sampai digunakan untuk sesuatu yang buruk atau merugikan.

2. Memastikan keakuratan data Penduduk

Data ini nantinya juga akan digunakan untuk mengetahui siapa saja penduduk yang masih memiliki hak suara saat momen seperti pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah. Jangan sampai karena tidak dilaporkan, orang yang sudah meninggal justru masih memiliki hak suara.

3. Mengurus penetapan Ahli Waris

Agar harta kerabat Anda bisa diserahkan kepada ahli waris secara sah, maka Anda membutuhkan akta kematian kerabat Anda agar jelas bahwa pemilik harta tersebut sudah meninggal dan hartanya bisa diwariskan.

4. Mengurus Klaim Asuransi

Dana klaim dari asuransi tidak akan bisa turun jika Anda tidak melampirkan persyaratan yang dibutuhkan. Dan salah satu syarat pengurusan klaim asuransi adalah dengan melampirkan akta kematian orang yang telah meninggal tersebut.

5. Persyaratan untuk melakukan perkawinan kembali bagi suami/istri Almarhum

Jika pasangan meninggal, istri atau suami yang ditinggalkan bisa melakukan pernikahan kembali. Akan tetapi, untuk bisa melakukan pernikahan yang sah secara hukum, istri atau suami yang ditinggalkan perlu melampirkan akta kematian dari suami lamanya dalam proses perkawinan kembali.

Itulah beberapa manfaat yang perlu diketahui dari mengurus akta kematian. Dengan mengetahui pentingnya akta kematian, maka sebaiknya tidak menunda pengurusan akta kematian ini terlalu lama. Karena meskipun orang yang kita cintai sudah tidak ada, sebagai orang yang ditinggalkan tentu saja sudah semestinya Anda melanjutkan hidup dengan baik. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.