Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

29.232 Adminduk Siap Didistribusikan Di Kantor Desa

Dispendukcapil Jember – Pendistribusian Administrasi Kependudukan terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember.

Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan pendistribusian 29.232 Adminduk seperti KTP-el, KK, dan Akta Kelahiran akan di lakukan di tiap-tiap kecamatan bahkan desa yang ada di Kabupaten Jember.

“Setiap Kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Jember pasti akan mendapatkan giliran untuk pendistribusian adminduk ini” ujarnya.

Sri Wahyuniati menyampaikan, telah dibentuk tim khusus yang akan melakukan pendistribusian di seluruh desa dari 31 kecamatan di Jember. Total Adminduk yang siap di distribusikam hingga malam ini (19.00 WIB) tercatat sebanyak 29.232 dokumen, terdiri dari KTP-el, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran maupun adminduk yang lainnya.


Baca Juga: Daftar Adminduk Warga Telah Selesai Dan Jadwal Distribusi Di Desa


Sri Wahyuniati juga menyampaikan, bahwa setiap pendistribusian yang dilakukan, Dispendukcapil Jember juga menyempatkan untuk membuka layanan pengurusan Adminduk kepada masyarakat yang masih belum melengkapi dokumen-dokumen kependudukannya, meskipun pelayanannya sangat sederhana.

Misalnya perekaman KTP-el atau registrasi Kartu Keluarga. “Kami juga membuka layanan mengurus adminduk di tempat (on the spot), agar dapat mempermudah masyarakat, sehingga tidak perlu pergi ke kantor Dispendukcapil”, jelasnya.


Lihat Juga: Jadwal Distribusi dan Pelayananan Di Desa


Pihaknya berharap, dengan adanya pelayanan distribusi Adminduk serta pelayanan pengurusan adminduk ditempat, masyarakat bisa paham bagaimana kinerja Dispendukcapil Jember memenuhi hak masyarakat terkait administrasi kependudukan.

“Setidaknya masyarakat bisa menepis kabar miring, tentang leletnya pelayanan Adminduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember, karena sebenarnya jika masyarakat mau mengantri dan mengurusnya secara mandiri, akan benar-benar tahu bahwa pelayanan di dispendukcapil Jember tidak seperti yang mereka bayangkan,” pungkasnya. [*]

Leave A Reply

Your email address will not be published.